Ooyi :) Biography

Masa Kecil…

Saya lahir dan besar di kota Ende-Flores, di sebuah kampung pesisir…nelayan….PU’URERE-kelurahan Rukun Lima-kecamatan Ende Selatan-Kabupaten Ende-NUSA TENGGARA TIMUR.

Kompleks kecilku, bernama “KOPPO” hanya terdiri dari beberapa gubuk rumah…aku dibesarkan dari buaian kasih sayang yang cukup. Entah kenapa disudut jalan kecil dekat rumahku sering disebut “Ujung Aspal”. Mungki dahulunya aspal jalan kampungku hanya sebatas sampai di rumahku.

Hmmm….kerinduan ujung aspal, kampung, kesederhanaan kami mengilhami hidupku bersama lantunan musik. Siapa lagi kalau bukan iwan fals…

Tidak banyak yang kuceritakan, selain terpesona Betapa indah masa-masa itu, kami bermain dalam kepolosan hati. Keriang gembiraan tanpa ada satu pengalang bagi kami untuk terus tersenyum dan tertawa…..

img_0204

Di pantai ini, masa kecilku kuhabiskan….bermain bersama pasir, ombak, kepiting, siput dan landak laut kecil yang sering menusuk jari-jemari kaki kecilku.

Kubawa pulang seekor kepiting hidup, kuikat dengan seutas pelepah kulit batang pisang kering sambil bernyanyi tentang keindahan tanah bundaku….

Masa Remaja….

Wetta…jo…kau ate sare pekka eee...(saudari, hatimu begitu mulia)….eze wea kamba jara, jao fonga dhoko wangga (biarpun emas sebesar kerbau, akan kuhadiahkan untukmu…)

Iyalah..massa iya dong….inilah kata muda-mudi sekarang yang menggema seantero ende. Mengguman diantara kisah-kisah cinta mereka….di pantai itu….

Malang, kota kenangan…

Disinilah Aku menghabiskan masa mudaku, belajar, kreasi dan mencari ilmu.

pulang ke kampuang halaman…

Dengan berbekal ilmu seadanya….kubaktikan sisa hidupku untuk semuanya….dan jejak perjalanan waktuku hingga sekarang…..

73 thoughts on “Ooyi :) Biography

  1. rijal mukhlis berkata:

    boleh minta no.hpnya bos…? gw mau belajar bikin blog kayak yang ente punya ini…kebetulan kita baru ngebentuk koperasi karyawan jd ane mau coba2 bikinin web sitenya bro .. bantuin yah. Sesuai dengan jabatan ente skg : Kepala UPTD Loka Latihan Kerja UKM …bisa dong bantu kasih masukan ke ane sbg ketua koperasi karyawan persada spy bisa memajukan koperasi ini bos…call me at 081510367460..trims 4 your attention

  2. hanania berkata:

    mas ooyi daku mau juga donk diajarin buat blog, udah baca step yang mas ooyi kasih tetep aja prakteknya susah buanget. Mau donk diajarin.

  3. e-class berkata:

    Assalaamualaikum Wr. Wb.

    Dear Om/Ka’e Ooyi,

    First of all, saya mampir ke blog ini karena saya sedikit interest dengan nama belakang anda “Rodja”🙂 karena nama belakang saya juga Rodja dan ayah saya asli orang Ende juga. Nama saya Ikhlas Syuriansah Rodja, saya dilahirkan di Ende juga tapi sampai umur 5 tahun dan sekarang menetap di Denpasar – Bali. Hmm, saya kangen juga pengen ke Ende suatu saat untuk melihat kembali tanah kelahiran saya:) Saya juga menekuni dunia IT khususnya web design/Web progamming, Alhamdulillah sekarang saya punya usaha sendiri dibidang web design. Mungkin dilain kesempatan kita bisa bertukar pikiran dalam hal dunia IT khususnya dunia web.
    Ok bye for now, salam hangat dari saya buat semua sahabat di kota Ende tercinta.

    Wassalaam

  4. ooyi berkata:

    Thanks buat rekan2 yg sudah berkunjung. Ooo…iya, pas nih ada yang nama belakangnya “Rodja”🙂 bisa bersambung hubungan keluarga. Makasih ya🙂

  5. Ifa Mandaka berkata:

    Assalamualaikum…ari,..kenapa ari?soalnya kae’ rasa lebih adik nih ooyi.keren juga blognya!rasa2nya kita emang sodara..ayahku Alm Drs.M.Thamrin Mandaka..yg mana ibunya alias nenekku ada Rodjanya but mamahku orang Tasik.Sekarang aku tinggal di Toronto-Canada bersama suami dan anakku.lihat blog ari benar2 bikin aku kangeeeeeeeeeen berat ama Ende apalagi rumahku ditepi pantai jalan bhakti no.5 tempat aku dibesarkan.Kalo dah gitu kubukalah google earth….BTW Mana ooyi family’s nya?tulis dong biar tahu siapa ari ini sebenarnya:-)

  6. Sayn berkata:

    salut Bos…
    Saya kira, orang NTT butuh kelompok muda seperti ini…semangat, penuh idealis sekaligus bisa memberikan sesuatu yang baik dari hasil kerjanya..

    Flores itu penuh dengan keindahan alam dan budaya. jika di kelola dengan baik maka akan mendatangkan keuntungna yang besar, tentu keuntungan tersebut akan bermuara pada pada kesejahteraan rakyat…

    Sejauh ini memang menghasilkan…dilihat dari banyaknya wisatawan yang berunjung ke sana. Namun apakah masyarakat kita menjadi “terentas” karena itu?

    Wow jadi banyak ngelantur….
    Sorry banyak..

    saya kira, pariwisata flores tidak bisa berdiri sendiri. sejauh ini yang kita lihat, semua kabupaten dan PEMDA di Flores ramai-ramai berkorban mati-matian untuk menonjolkan daerahnya masing2..”ini soal pariwisata”…
    Semua mau ada LANUD dan DERMAGA Kecil2an, pada hal flores butuh moda transportasi yang labih bagus, cepat, profesional dll lah

    bayangkan bro, ada tamu dari manca negara yang mau jalan2 ke flores, harus dibatasi jumlahnya karena tidak ada bus dan hotel yang memadai..Rugi kan?
    belum lagi Bro…harga tiket tempat wisata di flores tu, paling mahal di labuan Bajo sekitar 150-300rb/orng. Kelimutu baru saja dinaikan menjadi di atas 5ribu rupiah. Bena di Ngada pake sumbangan sukarela, air panas di Soa (Ngada) Hanya 1000 rupiah.. situs Bung KArno mungkin sukarela juga.. Apa artinya 1000 rupiah bagi tamu eropa?

    Penginapan hanya beberapa saja yang lumayan bagus “untuk flores”…
    Sao Ria di Moni itu? Waduh, mungkin hanya jadi beban saja buat pemda..
    pada hal tamu akan menginap cuku lama di Kabupaten Ngada dan Ende (Biasanya 2-7 hari)

    Hebanyakan yah..?
    Saya rasa, PEMDA sedaratan Flores dan Lembata, mesti duduk bicara, merencanakan pembangunan pariwisata bersama2. Kita butuh Transportasi yang baik (bila perlu, buatlah Bandara Internasional di salah satu kabupaten di Flores yang langsung melayani tamu dari eropa ke flores, dengan playanan yang profesional.) Mahal juga tidak apa2, kalau layanannya bagus, orang tetap pakai…juga yang lain yang berkaitan dengan wisata..Satu kabupaten mungkin sulit, tapi kalau keroyokan?? mustahilkah? Contoh nih, ketika Uni Eropa umumkan larangan terbang menggunakan 52 maskapai penerbangan INA, secara cepat dan tepan, PEMDA se Pulau Lombok menyediakan layanan kapal cepat dari bali ke lombok. Alhasil, meski pariwisata Nasional terpuruk, orang lombok tetap senyum.

    itu semua dari catatan perjalanan saya, suka jalan soalnya hehe

    yeeee itu dulu, sorry kalau membosankan

    Best regards
    SS Sindicato

  7. aidamanda berkata:

    Assalaamu’alaikum…,
    Ooyi…… aduhhh… itu pic yang di header blog, dulu waktu di Ende ..view itu yang setiap sore jao liat di depan rumah, hiks jadi kangen Ende.
    Ngeemba sambu na khabar ko Ende ? kessa bordze nee kessa sare ee?, Ooyi nee Om Muhammad Rodja ngeemba hubunganki?.
    Ende… mmm … jao jadi nara ka ika tunu ruttu nee kambu koo ika layar nee sie koro nggeru, ngetta uta uwi , ngetta ora nee uta bai’, waaiy ndota, ika singga, ika jerdze, ika tuu bawo, fuga, renda ta’ba (ngestei ka messa ndie na😀 qi..qi..qi..)
    Ooyi jao seneng postingan tentang tenun ikat, bisa posting lagi tentang alat dan bahan serta cara pembuatannya detail gag? (modepengen.com). Jao jadi ingat dulu waktu kecil main di rumah Mani(Mama Mbongawani/Nene jao), kalo Mani lagi nenun di bawah pohon murbey di halaman samping, bosan manjat pohon murbey duduk deh persis di samping Mani dalam sandaran duduk alat tenun, gangguin Maninya yg lagi nenun , kalo aku sudah nyelusup masuk Mani jadi tidak bisa senda lagi, akhirnya aku dibuatin miniatur
    alat tenun dari kayu dan yg ditenunnya adalah daun kelapa😀, duduk manis menenun deh jejeran sama mani ..ceritanya nenun bareng ….mmmm…kenagan…

  8. ooyi berkata:

    Salam jumpa,

    Terlebih dahulu saya ingin ngucapin semoga bertemu dalam keadaan sehat selalu. Amin

    Makasih buat teman2, eja kera, wetta, ka’e yang ada di rantauan yang rindu akan ende. Saya akan berusaha semaksimal mungkin nulis tentang ende. Hanya dengan do’a dan dukungan moril dari eja kera, weta semuanya, saya dapat terus menulis.

    Makasih atas semuanya. Mari kita satukan “hati” untuk ENDE yang kita cintai….🙂

    Salam hormat dari saya untuk eja kera, wetta sekeluarga di rantauan
    ttd
    M.CHOIRY RODJA

  9. arman berkata:

    sory Oir..saya tidak sempat liat semua halaman, an asal ngirim aja, kagetnya ada yang nama oyiii (sory)..salam buat semua yaa buat mama, be, bibi Has, Bibi Nur, Om Jun, Om An, Om Arif (kalo sempet)… kita sekeluarga di Praya..Bapak, Nining, Aji….

  10. aidamanda berkata:

    Assalaamo’aleykum…
    Dah nanggung nih comment nya di page biography😀
    Makasih juga …Aliy dah mampir ke blog jao, oiya ……kalo gag keberatan sampaikan salam dari jao (Sii mai Aida anakko Om Thamrin Mandaka :D) buat Om-Om dan Bibi-Bibi yang ada di Puu rere, dekat donk yaa dengan rumahnya Bibi Sauda yang rumahnya dekat TK Pertiwi

  11. aidamanda berkata:

    Assalaamo’aleykum…
    Dah nanggung nih comment nya di page biography😀
    Makasih juga …Aliy dah mampir ke blog jao, oiya ……kalo gag keberatan sampaikan salam dari jao (Sii mai Aida anakko Om Thamrin Mandaka :D) buat Om-Om dan Bibi-Bibi yang ada di Puu rere, dekat donk yaa dengan rumahnya Bibi Sauda yang rumahnya dekat TK Pertiwi🙂

  12. mega berkata:

    ehem…..
    hai…numpang lewat aja kebetulan ada yang kasi informasi tentang blog ini..
    sehat aja khan…..
    salam buat keluarga ya….
    kapan kita reuni…?? masih sering kontak ma tman2 ??

  13. ooyi berkata:

    Salam buat teman2 yg ngisi komentarnya. Saya numpang lewat, mau menyapa teman2 semuanya. sukses selalu untuk anda dan keluarga.

  14. made Yogya berkata:

    Ka’e di Pu’rere?Jao dlu dstu jg tp skrng dah di Jl.Kelimutu…
    Kalau mau isi artikel d blog ka’e,bgaimana?
    Thanks,slm bwt smua org ND.

  15. MINI berkata:

    hEBAT MAS OYI, GA NYANGKA DEH PNS ADA YANG KREATIF DAN MAU BERBAGI ILMU DENGAN ORANG LAIN,SEMOGA KEBAIKAN ANDA DIBALAS DENGAN KEBAHAGIAAN DAN KELIMPAHAN REJEKI AMIN

  16. ooyi berkata:

    Makasih atas dukungan rekan2 semua. Saya usahakan tetap menulis, walaupun banyak kendala aksesnya, mulai dari biaya, bandwith, kendala waktu dll.
    Dukungan dan partisipasi rekan2 sangatlah membantu.

    Hormat,
    ooyi

  17. diana berkata:

    hai ka’e…
    surprise banget baca blognya…
    ok banget jadi kita lebih tau tentang
    perkembangan kota Ende…
    maklum lagi di tanah rantau…
    btw dulu SD-SMA dimn sich?
    gw lahir di ende,besar di ende juga..
    tapi bukan asli ende sich….
    jujur gw sempat trauma jg dgn kerusuhan thn 1998
    semoga jangan terjadi lagi…
    maju terus ende sare….
    kangen BGT dgn kota ende tercinta…
    tapi gak tau lagi yach kapan bisa balik ke Ende?
    ditambah terus yach info-info tentang kota ende
    sukses yach buat karir & keluarganya….

  18. John berkata:

    Eja.. Met pagi… Salam kenal ya.. Jao orang asli Ende… SD – SMA di Ende.. rumah ortu di jalan soedirman.. Dulu kul di Bandung & sekarang kerja di Jkt…
    Kangen nih sm Ende.. April kmrn sempat pulang tp cm seminggu…
    Salam ya bwt semuanya.. GBU

  19. ardyn adogady berkata:

    salam kenal eja oi(kyak komunitasnya iwan fals “orang indinosia”), aduh jadi pengen pulang ende neh.’
    sebelumnya thanki banget..kita bisa update ende news di blognya eja, dulu jao sering eja update berita ende di ende.go.id, sekarang malah gak online..piye to iki..
    jao anak mbongawani lahir disana..trus semenjak tamat sd sudah sekolah di luar ende, smp di mataram, sma di semarang, kul di jkt,sekarang ngajat di bogor..
    jao cinta ende..tolong ya update info info hangat yang di ende…

  20. ardyn adogady berkata:

    salam kenal eja oi(kyak komunitasnya iwan fals “orang indonesia”), aduh jadi pengen pulang ende neh.’
    sebelumnya thanki banget..kita bisa update ende news di blognya eja, dulu jao sering update berita ende di ende.go.id, sekarang malah gak online..piye to iki..
    jao anak mbongawani lahir disana..trus semenjak tamat sd sudah sekolah di luar ende, smp di mataram, sma di semarang, kul di jkt,sekarang ngajar di bogor..
    jao cinta ende..tolong ya update info info hangat yang di ende…

  21. ardyn berkata:

    salama alekum, eja jao mau tambah nih,untuk eje kera, feta nara yang mungkin ingin jalan jalan ke bogor terus bingung, ntar jao antarin, silaakan hub nmor ini, (081398925075)

  22. putri nurul berkata:

    kak,bapak saya As’ary Rodja…

    nenek saya aminah dan kakek saya Abdullah Rodja…

    sekarang saya berada di palembang bersama keluarga.tahun 2001 saya pernah pulang ke ende,saya ke purere…

    di kelurahan kuraro,

    kak,saya minta fs na ya…saya gax ngerti tentang blog.

    kk balezna d fs saya ya…

    ne dya alamatnya
    ce_gitariz90@plasa.com
    saya mohon banget sama kakak.

    papa saya pengen tau…

    putri nurul fajri rodja

    “RodjasMAN bersaudara”

  23. ardyn berkata:

    assalamu alaikum..
    eja oi jao mau protes neh..posting kita kok sepi comen dari eja..ples deh..
    eja..bisa minta paketin alu ndene iwa eja. jao rindu bangeeeeetsss pengen santap tu pizza ende,munkin salah satu kuliner terlangka di dunia, jao dengar dengar katanya hampir punah..bagi donk eja oi..pelit ya..
    jao ada cerita lucu eja..ini cerita dari teman..
    ada wong ende yang baru masuk jakarta, trus sama teman diajak belanja ke mall, trus naik lift..pas sudah sampe lantai tujuan, fren kita ini berbisik sama teman “eja jao doi diki iwa zatu tu bayar lift, eja baya simba sih, wiso’o ndeka sa’o jao baru ganti”..
    tau gak..suasana di lift berubah kyak di empat mata..hahhahaha..ndeso..ndeso..
    ok eja..jao pamit..salam.

  24. OOYI berkata:

    Makasih buat seluruh rekan2 yang kasih comment di pondok cyber saya.
    Terus terang, saya jadi terharu. Ternyata jejak langkah kaki ini, mendapat respon yang luar biasa dari Rekan2.
    Saya tetap berusaha untuk terus menulis dan menulis untuk mengobati “kerinduan” rekan2. Baik itu yang datang untuk sekedar lewat maupun yang mampir melihat Ende khususnya.
    Sekali lagi, terus berkomentar. Kita akan terus berkomunikasi. Salam untuk keluarganya semua🙂

  25. Mursalin Ibrahim berkata:

    Assalamualaikom..wr..wb..
    salam kenal dari sebrang…abang oi..sy kagum dgn blog yang abang punya..sumpah keren abis..ja’o ata ende juga..tp skrang berkantor di dinas kimpraswil Kupang – NTT..sbg tenaga consultan..abang..ajari jao juga gimana cara bikin blog seindah n sekeren ini..sukses slalu buat abang oi..klu ke kupang..nanti kontek2 yah..ngara ja’o salim..

  26. ardyn adogady berkata:

    assalamu alekum…
    halo eja oi..lamo tak jumpo, terus piye kabare saiki, horas bah….
    bang oi,semoga eja and big family selalu dlam lindungan allah..amen.
    udah bang ye..jao mau go home dulu..
    sakit perut om..

  27. geones berkata:

    berarti lumayan dekat dong sama kampoeng saya, BIMA.Mas indah sekali pantainya…
    oh ya,bisa ajarin cara masanga gambar ato foto (seperti “Selamat datang di blog”)bukan di dalam berita tapi di samping…thanks before. Blog: geones.wordpress.com

  28. ardyn adogady berkata:

    assalamu alaikum…ngereemba eja..pota mozo na…
    kmaren ane hmpir tabrakan..
    ntu..gara gara spanduk caleg..
    saking asik ngeliatin,,gak tau ane klau di dpan ada angkot…
    hampir aja…
    kayaknya setiap jengkal tanah di negeri ini gak lepas tu ama foto foto caleg..pake janji lagi..
    gak tau di ende..euforianya gmana..
    kabarin dong bang oi…
    thanki see u again..

  29. Jefri berkata:

    Salam kenal om…

    blognya keren saya dari dompu NTB, tapi kedua orang tua saya dari NTT Ruteng,,,

    Blognya mantap bisa belajar buat web disini..

    Terma kasih

  30. leni berkata:

    e……….Nara saya senang sekali lihat gambar kota ende di web ini. soalnya sudahlama tidak pulang. jao bangga dengan nara yang sdh membagi kesejukan Ende unutk orang lain.

  31. armin berkata:

    asw…….
    makasih ya atas blognya. gw salut bangat paling g. gw sedikit tau tentang kampung halaman gw. n sedikit tidaknya mengurangi rasa kangen sama kampung halaman.

    eja gw salut bangat sama ini semua

    makasih

  32. agoesman120 berkata:

    Salam Kenal Bro
    Banyak sekali picture ttg ende..
    Klu ke Sikka Aq sudah sering… tapi belum sempet ke Ende
    Nanti kapan-kapan khan kesana juga
    Salam Hangat

  33. Qoyyim berkata:

    Assalamualaikum wr. wb kak ooyi……..
    salam kenal dari ku ya. Awalnya sih aku cari jawaban soal-soal cpns tahun kemarin yang nggak aku jawab, eh malah nemuin kakak. Ups! Aku panggil kakak nggak papa kan???? Hehe soale aku orang jawa kak.
    Ohya kak, apa kak ooyi punya bocoran soal cpns untuk tahun 2009 ini? Kalo punya aq mau dong…

  34. Qoyyim berkata:

    hehe, saking semangatnya ni kak, sampai da yang lupa. Lupa ngucapin salam maksudnya….
    Di balas ya kak. Plissssssssssssssssss..
    Sebelumnya makasih.
    Wassalamu’alaikum wr. wb

    • Bryan Jhon berkata:

      Bang Ooyi, salam kenal ku dilahirkan disebuah Dusun Saga, Kec. detusoko,tamat SMP Wolotolo pertama kali dibuka, setelah itu ke Jakarta, hampir 30 tahun tidak pernah ke Flores, khususnya Kota Ende dan dusunku tercinta , sekarang saat ini saya lagi di Kepulauan Riau . Kota Batam . Kae bagaimana Kabarnya?ku sudah lihat blognya ada gambar pantai Ende,dulu pernah juga ku berenang ditempat itu . JHON Saga Wolomasi .

  35. putianggraini berkata:

    wah blog mas oyi bagus bangat… saya suka…. pengen punya blog kaya gini….
    maaf ya mas oyi tadi saya nanya ENDE dimana soalnya belum sempat buka biographynya mas ….
    saya suka kampung halaman mas karena saya suka bangat sama laut dan pantai….. semoga saja suatu saat saya bisa ke ENDE…..

  36. Gildo ( Izzy) berkata:

    Dear Ooyi
    Salam kenal,saya Izzy dr Timor leste.
    Gw bangga sekali ma,Bioraphynya.Dr dasar pantai laut yng pernah menusuk kepiting hingga kini terpuncaklah pengalaman yg baik dan indah seperti gunung yg ada di sebelah pantai.thnx

  37. Gunawan berkata:

    Diperlukan Admin Pria, Max 27 tahun, Minim D-3, Bisa Komputer untuk penempatan di BAF Ende dan BAF Maumere
    Kirim CV ke gunawanwicaksono@Hotmail.com atau langsung kirim lamaran ke :

    PT. BAF Ende
    Jl. Ahmad Yani No.18, Ende, Prop. Nusa Tenggara Timur ( 0381 ) 23919/ 23939 ( 0381 ) 21476

    PT. BAF Maumere
    Jl. Dr. Wahidin No.7 Rt.003 Rw.004, Kel. Kota Baru, Kec. Alok, Kab. Sikka, Maumere, Prop. Nusa Tenggara Timur. ( 0382 ) 23032/ 23033 ( 0382 ) 23055

  38. ayu berkata:

    wah senengnya ya ada info tentang ende
    saya ayu,tapi sya dilahirkan di samarinda n ortu asli ende,tepatnya pu;u pui
    lam kenal aja moga ende terus maju amin

  39. Zelma berkata:

    It’s the best time to make some plans for the future and it’s time to be happy.
    I’ve read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or suggestions. Perhaps you can write next articles referring to this article. I wish to read even more things about it! regards Propolis

  40. FirmanSyah M berkata:

    Assalammualaikum wr wb,, abang gimana kabar,,Blog nya menginspirasi abng, pesona ende perlu di publikasikan luas,, dgn media informasi sngat brmanfaat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s