RUMAH PANGAN LESTARI (RPL) GERDAPALA

DSC00626

Akhirnya berhasil juga mengembangkan Rumah Pangan Lestari (RPL).Dimana Lahan pekarangan dapat kita jadikan kebun tanaman pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan skala rumah tangga sehari-hari. 
Kegiatan ini direncanakan akan digabung ke Gerdapala Ende sebagai induk organisasi pada Kepengurusan baru 2014-2016.

Apa itu RPL GERDAPALA

RPL GERDAPALA adalah Kegiatan baru yang berada dibawah naungan induk organisasi Gerdapala, merupakan kelompok kecil dari pendidikan pelestarian alam dan lingkungan hidup bagi generasi muda di Kabupaten Ende.

Ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup sepanjang waktu merupakan keniscayaan yang tidak terbantahkan. Hal ini menjadi prioritas pembangunan pertanian nasional dari waktu ke waktu. Ke depan, setiap rumah tangga diharapkan mengoptimalisasi sumberdaya yang dimiliki, termasuk pekarangan, dalam menyediakan pangan bagi keluarga. 

Pemanfaatan lahan pekarangan selain ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga sendiri, juga berpeluang meningkatkan penghasilan rumah tangga, apabila dirancang dan direncanakan dengan baik. Pemanfaatan pekarangan tersebut juga dirancang untuk meningkatkan konsumsi aneka ragam sumber pangan lokal dengan prinsip gizi seimbang yang diharapkan berdampak menurunkan konsumsi beras. Melalui penanaman dan pengelolaan

sumber pangan lokal tersebut, maka generasi muda dan masyarakat telah melakukan pelestarian sumber daya genetik yang sangat bermanfaat bagi kehidupan generasi mendatang

 

Konsep ini bermula

Konsep ini sebenarnya baru saya mulai, setelah belajar dari guru sahabat saya Umar Hamdan yang juga anggota Gerdapala. Dia telah berhasil mengembangkan kebun bibit sejak 4 (empat) tahun yang lalu. Kemudian saya adopsi dengan banyak belajar dari beliau dan kemudian saya kembangkan sendiri di lahan pekarangan saya. Alhamdulillah setelah 6 bulan akhirnya impian saya pun terwujud.

 

RPL Gerdapala – Unit Ippi Ende ( Kebun Bibit Gerdapala )

Letaknya di Kampung Ippi-Kelurahan Tetandara-Kec.Ende Selatan Kabupaten Ende-NTT. Telah berhasilmengembangkan beberapa varietas al : tomat, cabe rawit,cabe besar, cabe keriting,seledri, kangkung, terong dllnya. Merupakan kebun pertama yang berhasil dikembangkan.

Berikut cuplikan foto kebun bibit di Ippi tsb :

 

20130927-016

 

20130927-006

 

 

RPL Gerdapala – Unit Puurere Ende ( Kebun Contoh Gerdapala )

Letaknya di Kampung Puurere-Kelurahan Rukun Lima-Kec.Ende Selatan Kabupaten Ende-NTT. Telah berhasil mengembangkan beberapa varietas al : tomat, cabe rawit,cabe besar, cabe keriting,seledri, kangkung, terong dllnya. Berikut cuplikan foto kebun bibit di Ippi tsb :

DSC00454

 

DSC00625

 

Ayo bergabung dalam grup kami. Bermanfaat lho untuk belajar memanfaatkan lahan pekarangan menjadi lebih berguna buat keluarga.🙂

 

Untuk LINK selengkapnya. Silahkan bergabung dalam RPL GERDAPALA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s