Dirgahayu Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-66

Logo+PU

“Dengan Semangat Sapta Taruna Kita Laksanakan Reformasi Birokrasi Untuk Meningkatkan Pelayanan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Permukiman.”

IMG_0042

Hari ini tanggal 03 Desember 2011 kami merayakan hari bhakti pekerjaan umum. tepat 66 tahun yang lalu episode sejarah 7 (tujuh) pemuda mempertahankan Gedung Pekerjaan Umum.

Ketika Belanda ingin mengembalikan kekuasaaan pemerintahan di Hindia Belanda sebelum perang, datang mengikuti Tentara Sekutu masuk ke Indonesia. Akibat dari keinginan Pemerintahan Belanda ini, terjadilah pertentangan fisik dengan Pemuda Indonesia yang ingin mempertahankan tanah air berikut gedung-gedung yang telah didudukinya, antara lain “Gedung Sate” yang telah menjadi Gedung Departemen Pekerjaan Umum pada waktu itu (peristiwa bersejarah itu dikenal dengan peristiwa “3 Desember 1945?).

Mereka dikepung dan diserang dari segala penjuru. Pertempuran yang tidak seimbang ini baru berakhir pada pukul 14.00 WIB. Dalam pertempuran tersebut diketahui 7 pemuda gugur/hilang. 1 orang luka-luka berat dan beberapa orang lainnya luka-luka ringan. Setelah dilakukan penelitian ternyata para pemuda yang hilang itu diktahui bernama : Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu dan Soerjono.

PU berkarya

IMG_0197

PU sekarang tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Ditengah permintaan infrastruktur fisik baik itu prasarana jalan dan jembatan, bangunan air dan persawahan serta permukiman, drainase dan sanitasi, PU bekerja tanpa henti dan tak kenal lelah.

Banyak sudah suka duka yang dilewati oleh PU bersama bangsa Indonesia ini. Saya pernah membaca cerita ketika Ir.Soekarno dengan Bandara,Jalan,Stadion Gelora Bung Karno,dllnya; Ir.Juanda yang diabadikan namanya menjadi nama jalan,bandara dan jembatan; Ir.Sutami dengan Bendungan Sutami; Ir.Tjokorda dengan Jembatan Sosro Bahu-nya dan nama-nama lain yang tak bisa disebutkan disini.

IMG_0025

Begitu besar pengabdian mereka terhadap Pembangunan masyarakat melalui infrastruktur fisik, hingga kita jadi bangsa yang mampu mendongak dan berdiri tegak untuk eksis berkarya. Lihat saja, betapa besar arti sarana dan prasarana fisik tersebut untuk masyarakat.

Begitu banyak sudah hasil yang dicapai selama ini pada hakekatnya tidak terlepas dari kebersamaan melalui unsur : kerjasama, dedikasi, kerelaan tanpa pamrih dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya kepada masyarakat.

Di kotaku,Hari Bhakti PU diselenggarakan kegiatan fisik dan non fisik a.l :

1. Penataan pelataran pekuburan di Onekore

2. Pembukaan akses jalan dan pembangunan Crosway

3.Pendistribusian 41 tanki Air Minum Gratis pada lokasi-lokasi perkampungan penduduk yang kesulitan Air

4. Jalan sehat keluarga besar PU

5. Apel memperingati HUT PU ke-66 yang dipimpin Bapak Bupati Ende

PU berbenah

IMG_0004_01

Peringatan Hari Bhakti PU bukanlah menjadi hal untuk dibanggakan, akan tetapi menjadi evaluasi terhadap pekerjaan-pekerjaan terdahulu untuk dijadikan momentum memperbaiki kualitas pekerjaan-pekerjaan kedepan, dengan acuan tetap mengedepankan sarana dan prasarana fisik serta permukiman yang masih sangat dibutuhkan masyarakat.

Terimakasih PU

DSC00919

Untuk segenap senior, pensiunan, janda, duda yang telah memasuki purna bhakti. Kami ucapkan termakasih tak terhingga atas dedikasinya selama bekerja di Departemen Pekerjaan Umum.

Semoga Tuhan YME membalas amal dan kebaikan Bapak/Ibu sekalian baik yang masih ada maupun yang telah tiada. Kami generasimu akan terus melanjutkan karya dan pengabdianmu untuk masyarakat………Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s