Pentingnya Time Schedule dalam Pelaksanaan Proyek

Time-schedule-concept-thumb5694101

Ketemu lagi dengan para Pembaca sekalian. Setelah beberapa hari ini tulisan baru belum sempat diposting. Maklum yaa, kita baru memulai menjalanai puasa. Jadi bersabar sj….

Ok….kali ini saya sengaja mengangkat isu tentang pentingnya Time Schedule dalam pelaksanaan proyek. Sengaja saya persempit istilahnya menjadi proyek, sehubungan kegiatan keseharian yang kami jalani disini.

Akan tetapi Pembaca dapat mengambil prolog singkat bahwa proyek itu sama dengan kegiatan yang sedang Pembaca jalani. Apa saja deh. Kalau itu Anda rasa penting dan urgen. Butuh konsentrasi dan high priority…..maka disinilah letak urgensi judul yang saya angkat.

Jadi intinya adalah bahwa kepentingannya sama antara Anda dan saya, akan tetapi jenis dan macam pekerjaannya berbeda…setuju?

1. Perencanaan

Kalau dengar istilah ini, mungkin sudah biasa alias basi. Semua teori mengatakan begitu. Bahwa kerjaan apapun nih… yaa..harus dimulai dengan perencanaan. Bisa penting, bisa pula tidak…Anda lah yang memutuskan….

Tapi kita tahu tidak? bahwa, ternyata didalam Perencanaan itu punya seabrek aktivitas yang menuntut persiapan yang matang lho. Kalau tidak ujung-ujungnya Pekerjaan itu akan terlantar, bahkan bisa-bisa Anda justru yang jadi terlantar…alias jadi korban dari kegiatan itu…ha ha ha…

Naah…ketika Anda mulai mendapatkan selembar Surat Tugas, SK atau bentuk Penunjukan apapun dari atasan Anda, lembaga Anda atau apapun organisasinya….apa yang harus saya kerjakan ?

Buat Time Schedule atau Jadwal Waktu…ini salah kunci yang paling sering digunakan dalam kegiatan-kegiatan skala besar. Saya yakin Anda lebih tahu dan berpengalaman untuk itu. Hitung-hitung kita sama-sama mengingatkan..biar kerjaannya bisa sukses.

Time schedule

2. Biodata Team

Bio

Penting lho kalau buat aku. Soalnya bagaimana bisa kontak teman-teman kalau semuanya pada berjauhan. Jalan satu-satunya adalah mengundang mereka via sms, email atau kalau perlu facebook.

Mengumpulkan biodata ini kelihatan sepele, dan jarang kita lakukan. Tapi punya arti besar dikala kita akan mengingatkan mereka kalau hari ini ada jadwal kegiatan ini…dstnya…

3. Rancangan Biaya dan Proposal

Kalau yang ini saya yakin pembaca sudah terbiasa untuk menyusunnya. Bahwa kegiatan sekecil apapun pasti akan butuh biaya. Makanya kita butuh uraian biaya yang baik dan terstruktur, siapa tahu banyak yang memberikan donasi melalui kegiatan kita ini.

4. Administrasi

Naahh..ini penting juga nih. Coba bayangkan kalau sedari awal kita tidak hafal nomor atau kode atau tanggal surat kita. Hmm…bisa berantakan urusan dibelakangnya.

Contoh adm

Makanya penting disusun dalam format terstruktur. Biar Nomor kode surat Anda tidak berantakan dan seiring dengan perjalanan kegiatan Anda.

Ok..itu dulu beberapa masukan dari saya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua. Selamat bekerja.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s