Rumah Tuhan..Rumah Hati

Sore ini saya berkesempatan untuk mengecek kembali pekerjaan Rehabilitasi Masjid Jami’ Darul Yaqin di Kelurahan Mbongawani –  Kecamaan Ende Selatan –  Kabupaten Ende.

Kedatangan kali ini sengaja saya publikasikan dengan harapan masyarakat Pembaca berkenan memberikan bantuan moril maupun materil dengan kegiatan Pembangunan kembali masjid ini, agar dapat selesai dan bermanfaat bagi Masyarakat dan Umat.

Tidak mudah memang, memugar sebuah masjid yang konon usianya cukup lama dan ukurannya luas. Rasa lelah dan kepuasan bercampur aduk dalam batin…manakala melihat antusias para pekerja dan masyarakat dalam memasang atap Masjid.

Perencanaan

Membangun rumah ibadah yang sudah dilengkapi dengan prasarana yang sangat memadai merupakan harapan yang tidak mudah diraih namun juga bukan sesuatu hal yang mustahil untuk diwujudkan, apabila ada niat tulus ikhlas ataupun uluran tangan dari ummat yang perduli atas kemajuan agamanya. 

 

Jamaah Masjid Jami’ Darul Yaqin adalah sebagian kecil dari masyarakat Kelurahan Mbongawani yang dihuni oleh warga dari segala etnis. Ada etnis Ende, etnis Lio, etnis China dan Tionghoa, Makassar, Jawa, Sumatra dllnya dengan kehidupan beragama yang baik dan rasa saling menghargai membuat hubungan silaturahmi antar warga terjalin makin erat.

 

Dengan didominasi oleh usaha perdagangan dan pertokoan, menjadikan kelurahan ini menjadi salah satu aset daerah dalam memajukan perekonomian masyarakatnya.

 

Masjid Jami’ Darul Yaqin merupakan sebuah unit masjid yang terletak di wilayah administrasi Kecamatan Ende Selatan, yang merupakan salah satu sarana peribadatan Masyarakat Kabupaten guna melengkapi kebutuhan spiritualnya.

Saya coba cerita sedikit tentang ikhwal pertama kali Masjid ini direncanakan. Kalau boleh dibilang bahwa baru dilaksanakan pada Tahap I yakni khusus Pemugaran Atap. Dengan menempati areal 30,60 m x 24,50 m(749,70 m2), sangat memungkinkan untuk dilakukan perluasan. Namun mengingat ukuran bangunan yang cukup besar dan kendala biaya, akhirnya diambil langkah untuk diselesaikan secara bertahap.

Ok..saya tampilkan kondisi awal masjid ini…..

Foto(252)

gbr 1 : tampak depan masjid. dari jln. kemakmuran

Foto(267)

gbr 2 : tampak atap masjid. yang akan dipugar

Pelaksanaan

Sebagai ummat yang perduli terhadap agamanya tentu harus mewujudkan sebuah rumah ibadah yang memiliki sarana yang memadai untuk kenyamanan beribadah.

 

IMG_0019a

gbr 3 : Suasana pemugaran masjid…(saya ada disini.. )

Ibadah sebagai salah satu manifestasi kita sebagai hamba ALLAH SWT untuk memperoleh Ridho-Nya dalam hidup ini. Maka peran dan fungsi masjid di sini akan menjadi sangat penting. Tak pelak lagi bagi kaum muslimin yang bertaqwa kepada ALLAH SWT, bahwa membangun dan memakmurkan rumah Allah SWT tersebut menjadi sebuah kewajiban dimana pun umat berada. Sebagaimana Firman ALLAH SWT dalam kitab suci Al Qur an yang artinya :

 

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid-masjid hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk. (Q.S. At-Taubah : 18)

 

Berburu Menjelang Puasa

Tidak lama lagi….puasa Ramadhan akan datang. Semua orang menyambutnya dengan sukacita, demikian pula warga masyarakat disini. Mereka berupaya agar waktu yang tinggal beberapa hari lagi…atap masjid dapat selesai dan bisa menaungi mereka untuk ibadah berjamaah di bulan Puasa.

IMG_0014

gbr 4 : Kondisi sementara hasil pemugaran atap masjid…(25/07/2011)

Sambil memandang atap ini…aku pun berdoa pada ALLAH SWT…

Ya ALLAH…sejak kami lahir hingga saat ini,  telah Engkau cukupkan nikmat kami dengan Rezki-Mu. Kami, manusia bahkan alam semesta sekalipun tidak akan pernah mampu membayar kebaikan dan kecintaan-Mu pada kami….

..sebentar lagi kami akan menyambut bulan suci-Mu. Bulan dimana kami menengadahkan hati dan perbuatan ini..membersihkan segala noda dan dosa atas segala keingkaran kami terhadap nikmat-Mu.

RABBI..rumah-Mu ini sudah tua, namun masih tegar berdiri tuk mengarungi masa-masa Takdir-MU….dia masih berdiri agar senantiasa mengumandangkan  Kalam Ilahi-Mu….

RABBI…kasihanilah kami….karena dengan Rumah tua-Mu ini, tempat satu-satunya bagi kami tuk sejukkan hati…segarkan hati kami yang dahaga.

Maka ijinkanlah dengan tangan dan pikiran kecil ini, memohon..agar Rumah-Mu ini ya RABBI-ku dapat kami pergunakan untuk bersimpuh dihadapan-Mu. Bernaung dikala hujan, berteduh dikala terik….Ya ALLAH…curahkan karunia kepada mereka yang peduli dan mencintai Rumah-Mu …..Amin Yaa Rabbal Aalamin

Semoga Pembaca berkenan memberikan bantuan moril maupun materil dengan kegiatan Pembangunan kembali Masjid Jami’ Darul Yaqin, agar dapat selesai dan bermanfaat bagi Masyarakat dan Umat. (Sekretariat : Jl. Kemakmuran No.20, Telp. 0381– 22012)

Barang siapa membangun masjid karena ALLAH, maka ALLAH akan membangun baginya sebuah istana di surga ( Al Hadist )

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s