Belajar dari pengalaman

Belajar-dari-Pengalaman

 

Waaah…senang sekali bisa ketemu lagi dengan pembaca semua. Setela 1 bulan lamanya saya menulis postingan terakhir, akhirnya sekarang bisa bersua kembali dengan Pembaca dimanapun berada.

Hmmmm….memang lega rasanya. Bukan karena tidak bisa online sama sekali, tetapi karena sudah lama tinggalkan pembaca untuk terbitkan rubrik-rubrik menarik sekalian bersilaturahmi dan saling menyapa kembali.

Teman-teman….

Ada satu cerita menarik yang ingin saya bagikan kepada kita semua yakni ketika situs resmi saya http://ooyi.net disuspended oleh server karena keterlambatan membayar perpanjangan domain. Pengertian suspended disini adalah ketika akses situs dimatikan atau tidak dihidupkan lagi.

1. cerita pertama

Saya pun memulai cerita ini untuk mengkonfirmasi kembali ke servernya….

ooyinet: Slmt malam,mbak

petugas server: selamat malam

petugas server:  dengan nita

ooyinet: mau minta konfirmasi menyangkut biaya perpanjangan domain sy http://ooyi.net

petugas server:  silahkan konfirmasikan jumlah uang dan tujuan bank transfer nya

ooyinet: Begini mbak. Saya dapat masalah nih. Saya mohon bantuannya. Ketika mau perpanjangan domain utk 1 tahun kedepan, saya dapat pesan dr admin “domain ooyi.net telah ekspired, Perpanjangan domain ekspired lebih dari 2 minggu di kenai biaya 10 kali harga domain (kecuali domain berakhiran ID)”. Setelah saya cek kedalam biaya membengkak dari rp 120 rb menjadi Rp 850.000. Saya jadi kaget nih . Apa ada keringanan dan dispensasi buat kami pelangan? mohon bantuannya

petugas server: maaf pak,maksudnya bagaimana?untuk jumlah invoice atau bapak telah melakukan pembayaran?

ooyinet: menyangkut jumlah invoice-nya. Sebenarnya td sore mau bayar, tetapi karena biaya tadi jadi urung bayar dan mau konfirm dulu sama mbak nita. Pertanyaan saya, apakah ada kebijakan dari admin menyangkut biaya yang tiba2 membengkak ini? soalnya bagi kami pelanggan,biayanya jauh dari kesanggupan kami.Padahal situs sy yg disuspended tsb sudah saya bangun dengan keringat dingin mbak…

petugas server: mohon tunggu pak,akan kami cek

petugas server: sudah melakukan order pak?

petugas server: karena kami cek bapak belum melakukan order

ooyinet:  terus terang..saya belum order…mbak nita. karena telat tadi maka saya didenda. kalau dikasih keringanan Rp 120 rb maka saya akan bayar esok pagi.

ooyinet: sekalin mau perpnjangan hosting 6 bulan…

petugas server:  jadi jika ingin perpanjangan domain bisa keringanan pak,tetapi harus perpanjangan domain minimal 3 tahun pak,untuk domain nya

ooyinet:  oo..gitu ya. apakah tidak bisa 2 tahun ?

petugas server: tidak bisa pak,ketentuan nya seperti itu. karena domain anda telah expired 2 minggu

ooyinet: oo gitu. jadi sedih deh saya….  tapi kira2 kalau perpanjangan domain 3 tahun dengan hosting 2 bulan totalnya brp yaa. mhn infonya

ooyinet:  plus kode uniknya

petugas server: silahkan order terlebih dahulu pak

ooyinet:  boleh saya minta informasi biaya ordernya?

petugas server:  bisa pak,akan kami orderkan

petugas server: akan transfer hari ini pak?

petugas server: total 210.478 pak

ooyinet:Baiklah mbak.sdh saya catat. Besok saya order dulu utk secepatnya konfirmasi lagi. Mksh bnyk bantuannya. Selamat bekerja dan bermalam minggu

petugas server: sudah kami order kan pak.silahkan cek di email anda

petugas server: terima kasih

petugas server: terima kasih telah menghubungi kami..selamat malam..

**********

2. cerita kedua

Ok itu tadi cerita pertama. Yakni saya berhasil mendapatkan kembali situs saya http://ooyi.net. Kemudian ketika saya membuka situs saya, koq tidak muncul atau tampil ? Saya pun bingung dan menunggu 13 hari lamanya untuk mengutak-atik permasalahannya.

Saya pun menghubungi kembali admin servernya untuk komunikasi persoalan yang saya alami. Pada saat itu titik terang mulai ada ketika mereka mengatakan bahwa setiap situs yang megalami error, coba dibuka http://www.web-proxy.ca/ dimana Anda akan bisa melihat pesan-peson error yang situs Anda alami.

Berikut diskusinya….

petugas server: untuk pesan erornya sudah bapak cek dan telusuri?
 
ooyinet: Iya pak. pesannya begini : Warning: include(/home/ooyinet1/public_html/wp-content/plugins/headspace2/plugin.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory in/home/ooyinet1/public_html/wp-content/plugins/headspace2/headspace.php on line 21.
 
Kira2 saya mulai dari mana yaa. Soalnya wp-admin saya jg tdk bisa dibuka. Kejadian ini dimulai sejak saya mengalami “suspended” dari idwebhost.com. Sebelumnya msh bisa dibuka. Setelah saya melakukan perpanjangan domain, jadinya seperti sekarang.
 
petugas server: baik permasalahan bapak kami teruskan ke TS kami. dan untuk informasi lain kami sampaikan ke email bapak.
 
*******
 

3. cerita ketiga

Menunggu…dan menunggu…hingga belum ada solusinya. Saya pun akhirnya mencari tahu persoalan. Apa yang terjadi terhadap situs saya.
 
Melihat pesan error diatas, ternyata ada plugin yang bermasalah. Namanya “headspace2”. Plugin ini berfungsi untuk membantu SEO peringkat setiap tulisan saya.
 
Ternyata ketika disuspended, plugin ini bertabrakan kode dengan server saya, sehingga miskomunikasi.
 
Jalan satu-satunya adalah saya harus menghapusnya dari daftar plugin situs saya.
 
Dan ALHAMDULILLAH…situs saya akhirnya bisa tampil kembali….pffffffff….perjuangan yan teramat panjang..kawan. Dan akhirnya tampilan situs saya bisa muncul kembali.
 
Ooyi atas

 
Dari cerita diatas, ada beberapa pengalaman berharga yang saya petik untuk dijadikan pelajaran bagi saya al :
 
1. Usahakan selalu mengecek batas waktu doman situs
2. Jangan pernah menganggap remeh setiap persoalan yang kecil, karena ini akan menjadi bumerang bagi kita bila mengahadapi hal yang besar
3. Selalu berkomunikasi dengan pihak terkait bila mengalami masalah
4. Dampak dari sebuah persoalan bukan dari orang lain, tetapi dari diri Anda sendiri yang membuat masalah. Dimana Anda lah yang bisa mencari tahu dan menemukan kembali jalan keluar atas persoalan yang Anda hadapi tersebut.
 
Demikianlah cerita panjang saya ini. Moga2 beberapa kesimpulan saya ini bisa bermanfaat buat Pembaca. Bukan persoalan akan situs website yang saya bangun ini, tetapi lebih dari itu bagaimana mengatasi setiap persoalan yang harus kita mulai dari diri kita terlebih dahulu. Makasih.

8 thoughts on “Belajar dari pengalaman

  1. putianggraini berkata:

    terima kasih telah berbagi pengalamannya bang…
    tulisan yang penuh inspiratif buat ku pribadi…
    membantu mata ku terbuka… hahaha..

    salam buat laut dan alam Ende…

  2. baju batik pekalongan berkata:

    Gan, numpang nanya nih , kalau domain expired itu kenapa ya , saya telat perpanjang 2 hari, stlh saya bayar dan wp admin bisa di buka , tp ketika di search di gugel hasilny namadoamin.com expired , itu knapa ya

    • BanOoyi berkata:

      Expired domain adalah domain yang sudah berumur lumayan lama tapi pemiliknya tidak berkehendak untuk memperpanjang registrasi domainnya, penyebabnya bisa karena lupa atau sengaja. Selama domain ini belum di deleted, berarti statusnya adalah expired domain, tapi kalo sudah deleted maka masuk kategori dropped domain. Dropped Domain adalah domain expired dan tidak diperpanjang. Pada intinya expired domain tidak bisa langsung diregister oleh orang atau pihak ke-3 yang ingin mendapatkan domain tersebut. Tapi pemiliknya yang asli masih bisa untuk memperpanjang domain tersebut selama masa 30-40 hari setelah tanggal expired. Berbeda dengan deleted domain, domain ini bisa langsung didaftarkan kembali oleh pihak ke-3.

Tinggalkan Balasan

