Bingkisan kecil di hari Lahirnya Pancasila

Ideology1

1 Juni 1945, ideologi bangsa Indonesia mulai didengungkan. Calon dasar negara untuk Indonesia merdeka nanti.

Pancasila… sebuah kata yang mudah diucapkan apalagi indah kalau diamalkan.

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Perjalanan kata yang cukup panjang, rumit dan membutuhkan diskusi yang mendalam saat itu. Saya tidak akan menceritakan sejarah disini karena sudah tercatat dengan baik dan rapi untuk dibaca dan dikenang generasi. Kelima butir memiliki konsep yang sangat mendasar dan hakiki tentang identitas sebuah bangsa.

What’s Your Ideologi ?

Ideologi berasal dari idea (Inggris) yang artinya gagasan, pengertian. Ideo juga berasal dari kata oida (Yunani)= mengetahui, melihat dengan budi dan Logi berasal dari logos = pengetahuan. Jadi, Ideologi mempunyai arti pengetahuan tentang ide-ide, gagasan-gagasan atau pengertian-pengertian dasar.

Istilah Ideologi pertama kali dikemukakan oleh Destutt de Tracy seorang Perancis pada tahun 1796. Menurut Tracy, Ideologi adalah ‘science of ideas’, suatu program yang diharapkan dapat membawa perubahan institusional dalam masyarakat.
Pengertian Ideologi yang lainnya yaitu sebagai berikut:
· Ideologi adalah pandangan hidup yang dikembangkan berdasarkan kepentingan golongan atau kelas sosial tertentu dalam bidang politik atau sosial ekonomi. (Karl Marx)
· Ideologi adalah seperangkat ide asasi tentang manusia dan seluruh realitas yang dijadikan pedoman dan cita-cita hidup. (Gunawan Setiardjo)
· Ramlan Surbakti mengemukakan:
o Ideologi secara fungsional diartikan seperangkat gagasan tentang kebaikan bersama atau tentang masyarakat dan negara yang dianggap paling baik. Pengertian ini digolongkan menjadi 2, yaitu Ideologi yang doktriner (ajaran-ajaran yang terkandung dirumuskan secara sistematis, dan pelaksanaanya diawasi secara ketat oleh aparat partai atau pemerintah )dan Ideologi yang pragmatis (ajaran-ajaran yang terkandung dirumuskan secara umum, hanya prinsip-prinsipnya, dan Ideologi itu disosialisasikan secara fungsional melalui kehidupan keluarga, agama dan politik, serta dilaksanakan dengan pengaturan pelembagaan (internalization). Contoh doktriner: komunisme, dan contoh pragmatis: individualisme atau liberalisme.
o Ideologi secara struktural diartikan sebagai sistem pembenaran, seperti gagasan dan formula politik atas setiap kebijakan dan tindakan yang diambil oleh penguasa.
Jadi, dapat disimpulkan secara umum bahwa Ideologi adalah kumpulan gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan yang menyeluruh dan sistematis, yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia.
Ideologi dalam arti cita-cita negara mempunyai ciri sebagai berikut:
1. Mempunyai derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan;
2. Mewujudkan suatu asa kerokhanian, pandangan dunia, pedoman hidup, pegangan hidup yang dipelihara, dikembangkan, diamalkan, dilestarikan kepada generasi berikutnya, diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban.
Semakin mendalam kesadaran ideologis seseorang, maka akan semakin tinggi pula komitmennya untuk melaksanakannya.(http://allaboutpancasila.blogspot.com)

Ada beberapa catatan penting saya menyangkut penjabaran panjang tentang Ideologi diatas :

Ideologi adalah : suatu program yang diharapkan dapat membawa perubahan institusional dalam masyarakat dimana pandangan hidup ini dikembangkan berdasarkan kepentingan dari golongan atau kelas sosial sebuah bangsa demi mewujudkan cita-cita bersama yakni nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan, asa kerokhanian, pandangan dunia, pedoman hidup, pegangan hidup yang dipelihara, dikembangkan, diamalkan, dilestarikan kepada generasi berikutnya.

Adakah perbedaan antara Ideologi Pancasila dengan Ideologi lain?

Sekarang mari kita lihat……..

 

Garuda

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Dan bandingkan dengan ini ……..

Liberal dan sosial

 

Dan lihat hasilnya…

Miskin

 

Selamat Hari Ulang Tahun Pancasila…semoga  Rakyat dan Bangsamu tak pernah patah semangat memperjuangkan kesejahteraan dan keadilan bagi semuanya.

 

One thought on “Bingkisan kecil di hari Lahirnya Pancasila

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s