AYO DUKUNG SWASEMBADA GARAM 2012 & SWASEMBADA GARAM INDUSTRI 2015 di NTT (02)

Naah, kita tak mau perpanjang cerita seri sebelumnya. Hanya untuk bahas kesusahan masyarakat. Saya hanya ingin bagi ke teman2 teknologi ini. Siapa tahu bisa ngedukung kami untuk turut berbuat.

Naah menyambung cerita saya seri 1 nih, saya akan jelaskan  bagaimana sih proses Proses Produksi Garam dengan menggunakan Garam Ramsol

IMG_0051

Ramsol adalah bahan/formula aditif yang berfungsi sebagai pembersih dan pemutih garam (NaCl) dalam proses produksi garam. Ramsol ditemukan pertama kali oleh Hasan Achmad Sujono, istilah Ramsol sendiri merupakan singkatan dari Garam Solusi. Bahan baku Ramsol terdiri dari rumput laut, kulit kerang dan Zeolit.

Untuk merealisasikan produksi yang memenuhi kuantitas dalam negeri, saat ini telah ditemukan sebuah inovasi baru guna mempercepat proses pengkristalan garam serta meningkatkan kualitasnya. Teknologi baru tersebut yaitu dengan menambahkan garam solusi (ramsol) ke dalam air laut yang akan dijadikan garam sehingga proses produksi lebih cepat dan dengan demikian dalam suatu volume lahan dapat menghasilkan produksi garam yang berlipat ganda.

Ini cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan wadah yang disiapkan yakni membentangkan terpal (karena tidak menggunakan tambak sawah) di dalam lokasi yang disiapkan dengan ukuran 160 cm X 4 meter.

1. Siapkan Kayu 5×7 cm 3 batang, Terpal 4×6 2 buah, Bambu 1 batang, Pipa paralon 1/2 dim 3 batang, Bok L Paralon 1/2 dim 4 buah, Paku, Gentong Plastik 2 buah.

IMG_0044

2. Setelah jadi sesuai bentuk diatas, Isi alas dengan Pasir setebal 2 cm. Buat serapi mungkin hingga berbentuk segi empat memanjang.

IMG_0040

3. Kita ambil air laut sebanyak 150 liter,dicampur ramsol 350 gram. Aduk kira – kira 10 hingga 15 menit. Kemudian diendapkan, kotorannya disaring.

IMG_0053

4. Tuangkan sedikit demi sedikit pada wadah kotak persegi panjang dan tinggi dari permukaan wadah 2,5 cm.

5. Selanjutnya kita diamkan selama 4 hingga 5 hari hingga muncul butiran kristal garam.Jika masih terlihat kotor kemudian di cuci dengan air bersih.

6. Nantinya wadah ini akan menghasilkan kurang lebih 4 kilo gram garam. Garam ramsol 1

 

AYO DUKUNG SWASEMBADA GARAM 2012 & SWASEMBADA GARAM INDUSTRI 2015 di NTT

Nah..diatas adalah hasil garam biasa dan garam Ramsol yang sudah jadi. Beda khan kualitasnya. Anda bayangkan bila Ibu, Isteri, Adik, Keluarga, Masyarakat bahkan semua orang NTT bisa memproduksi garam. Maka di Tahun 2012 dan 2015 kita akan menjadi salah satu Propinsi Lumbung Garam Nasional di Indonesia dan Negara Pengekspor Garam Dunia….SEMOGA

Untuk mendukung program ini, saya buatkan 1 (satu) grup khusus yang bisa Anda akses di facebook.com.

Swa Garam 

6 thoughts on “AYO DUKUNG SWASEMBADA GARAM 2012 & SWASEMBADA GARAM INDUSTRI 2015 di NTT (02)

  1. sekar berkata:

    perkenalkan.Saya sekar dari dinas perikanan Buleleng singaraja Bali. Saya tertarik dengan ramsol yang anda bahas. mohon informasi lebih lanjut mengenai komposisi bahan untuk pembuatan ramsol dan cara membut, serta apabila ada yang sudah siap pakai dimana kami dapat membelinya agar dapat dipergunakan untuk petambak garam yang ada disini. terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s