Pentingnya “PERENCANAAN” dalam Membangun Situs/Website

Ooyi.netAtesare logo

 

Minggu ini,saya punya sedikit waktu untuk utak-atik lagi beberapa situs yang saya rancang. Saya ambil dulu 2 (dua) situs. Biar pelan-pelan. Ooyi.NET, Atesare.ORG .

Njlimet…..kata orang jawa. Soalnya situs-situs ini dibangun dengan bahasa pemrograman php dan mysql,yang bagi kita cukup rumit dan sangat memakan waktu.

Untungnya kita tidak perlu lagi merancang bahasa programnya, cukup menginstall dan softwarenya, setting offline maupun online, serta penempatan strukturnya. Kemudian mengutak atik templates,plugin,widget,modul,komponen dsbnya  yang menyertai bangunan struktur itu sendiri. Beberapa sampel situs diatas saya rubah lagi. Soalnya jenuh dengan desain lama. Ketiganya masih 25 %. Belum final, soalnya waktu yang masih sangat terbatas.

Situs/Website = Rumah

Situs itu ibarat rumah. Situs memiliki 2 unsur penting yakni domain dan hosting. Kalau alamat domain itu sama saja dengan nama jalan didepan rumah Anda. Sedangkan Hosting adalah kapasitas rumah yang kita sewakan. Begitulah kira-kira.

Secara khusus belum saya bahas panduannya. Hanya sebatas beberapa penekanan umum buat Anda yang mau dan tertarik untuk membuat situs. Satu waktu nanti akan saya bahas untuk dipelajari. Tetapi hanya ingin mengingatkan kepada Anda yang ingin sekali punya rumah atau sewa kost gratis di blogger,wordpress,livejournal dsbnya, agar memperhatikan beberapa hal yang bagi saya penting untuk Anda persiapkan.

1. Mulailah Menetapkan TUJUAN

Untuk apa situs ini saya buat?ini pertanyaan paling mendasar lho….soalnya kalau ada sudah masuk dalam arus dunia maya yang deras ini….maka Anda akan terombang-ambing dengan segala macam informasi yang hiruk pikuk. Apalagi kalau situs Anda sudah jadi misalnya. Sungguh ribet kalau kita tidak punya TUJUAN yang jelas mau dibawa kemana situs kita.

2. Rancangan Struktur yang rapi

Situs tidak bisa dibuat sembarangan. Soalnya kalau tidak dirancang dengan baik,maka hasilnya sembarangan pula. Apalagi tampilannya dibuat asal-asalan. Maka kita selaku desainer dan Pembaca pun tentu tidak akan tertarik. Kita harus punya denah,layout atau semacam gambaran umum kira2 situs saya ini isinya apa saja? Bahasa umum orang internet disebut SITEMAP.

3. Themes atau Templates yang elegan

Sama seperti rumah kita, kita butuh mengecat rumah kita biar kelihatan menarik. Kalau dicat sembarangan tentu hasilnya tidak memuaskan bukan? Templates atau themes ini bagi sebagian desainer/perancang website merupakan hobby yang menyenangkan. Kadangkala bisa dijadikan sebagai jasa / service membuat sebuah situs untuk lembaga tertentu.

Naa…cerite nih mengenai  Ooyi.NET, saya sempat merubahnya beberapa kali. Berikut tampilan-tampilan situs yang pernah saya buat :

Themes ooyi.net pertama(1) Themes ooyi.net pertama

Themes ooyi.net pertama(2)Themes ooyi.net pertama(3)

Keempat tampilan ini sudah bisa mewakili tampilan standar sebuah situs. Dimana kita harus memilih untuk mendesain situs sesuai dengan tujuan dan struktur dari situs yang kita inginkan. 

4. Isi atau Konten yang berkualitas

Naah..ini yang paling penting. Situs dalam bentuk dan desain yang sebagus apapun, baik itu yang Anda buat melalui layanan penyedia situs gratis ataupun layanan situs berbayar, tidak akan gunanya bilamana setelah jadi, kita tidak mengisinya dengan tulisan-tulisan yang berkualitas.

Kepuasan Pembaca

Nah,pada bagian akhir tulisan pendek ini, satu hal yang paling penting yang bisa saya ingatkan adalah, walaupun situs itu bersifat situs personal/pribadi milik Anda, tapi setelah ditayangkan secara online, pasti akan menjadi milik kita dan Pembaca. Oleh karena itu usahakanlah memberikan tulisan-tulisan yang menarik dan memuaskan Pembaca. Selamat Berkarya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s