Kunjungan Obama di Indonesia (1)

1734115620X310

Presiden AS Barack Obama menggandeng Ibu Negara Michelle Obama saat turun dari pesawat Air Force One, Selasa (9/11/2010) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (sumber gbr : Kompas.com)

Cukup puas saya menonton acara liputan khusus kunjungan Presiden Amerika Barack Obama beserta Ibu Negara Michelle Obama di Indonesia hari ini (selasa,09 November 2010), di berbagai media tv nasional.

Bagi saya, selain berkunjung resmi secara kenegaraan dalam kapasitas beliau sebagai Kepala Negara Amerika, beliau juga ingin bernostalgia kembali tentang kehidupan masa kecilnya di Indonesia.

Ok..teman-teman seperti apa yang pernah saya tulis di blog saya mengenai Obama dan masa kecilnya hingga menjadi Presiden Amerika, maka tulisan ini sekedar menceritakan kunjungan beliau selama sehari di Indonesia.

Tadi sore Obama beserta Ibu Negara Amerika itu datang dengan Air Force One. Penjagaan pun cukup ketat karena kunjungan ini termasuk istimewa. Bahkan 10 ribu personil diturunkan untuk penjagaan orang nomor 1 Amerika ini. ccc..ccc.ccc…..

Teman-teman, dengar-dengar bisik tetangga sih……pihak keamanan terbago atas 3 (tiga) ring :

1. Ring 1, terdiri atas : Paspampres dan Secret Service AS (SS)

2. Ring 2, terdiri atas : Anggota TNI

3. Ring 3, terdiri atas : Polri

Saking ketatnya, malah di bandara Halim sudah siap siaga kendaraan presiden dan peralatan tempur Amerika yang hanya kita lihat di tipi…mulai dari Helikopter Apache sampai iring-iringan panjang mobil rombongan Obama yang sekitar ada 40 mobil.

Jumpa Pers

1749273620X310

Kata Obama bahwa Pemerintah Amerika Serikat fokus pada 3 (tiga) agenda yang tertuang dalam perjanjian kemitraan komprehensif.

1. di bidang investasi.

memperkuat hubungan investasi dan hubungan dagang karena dapat menciptakan hubungan yang lebih baik di antara kedua negara. Itulah sebabnya Indonesia menjadi pasar terbesar dan menggandakan pasar Amerika.

2. meningkatkan kerja sama program pertukaran pelajar dalam dua tahun. beliau berterima kasih kepada Presiden SBY atas penambahan siswa AS di Indonesia.

Obama juga mendukung Indonesia untuk melanjutkan program yang berkaitan dengan perubahan iklim. “Tidak ada keraguan bahwa Indonesia akan berada di garus depan dalam memerangi perubahan iklim, dan kami senang bekerja sama dengan Indonesia,” kata Obama.(kompas.com)

Obama juga memuji pemberantasan korupsi dan penegakan hak asasi manusia di Indonesia.

3. meningkatkan kerja sama di bidang keamanan, termasuk di bidang penanggulangan terorisme dan bajak laut.

Jamuan Makan Malam

Usai beristrahat di Hotel Shangri-La, Obama pun menghadiri jamuan makan malam di Istana Negara . Obama memang tiba di Indonesia sore tadi melalui bandara Halim Perdana Kusuma dan langsung menuju istana untuk menggelar konferensi pers bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Image.tempointeraktif.com

Mantan Presiden Megawati Soekarnoputeri secara mengejutkan tampak hadir di antara para undangan yang akan menghadiri jamuan makan malam bersama Presiden Amerika Barack Obama di Istana Presiden malam ini. (sumber gbr:tempointeraktif).

Teman-teman, ada hal yang menarik saat setelah Bapak Presiden Yudhoyono memberikan sambutan pembukanya menyangkut apresiasi terhadap peran Ibu Obama Stanley Ann Dunham, atas dedikasi dan pengorbanannya dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi perempuan. “Untuk mengenang jasa beliau dan pengabdiannya yang tulus, maka pemerintah Indonesia menganugerahkan bintang jasa utama kepada Stanley Ann Dunham. Dan saya sebagai Presiden memberikan bintang jasa utama kepada putra beliau, Barack Obama,” ujar Presiden yang langsung disambut dengan tepuk tangan meriah dari para undangan.

Dikatakan SBY, pemikiran Dunham yang dituangkan dalam karya ilmiahnya bermutu tinggi. Visi dan hasil penelitian tersebut banyak membantu komunitas intelektual. Setelah mengumumkan hal tersebut, Presiden secara simbolis memberikan tanda penghargaan bintang jasa utama kepada Obama.

Bakso, Nasi Goreng dan Emping

Bakso03besar

Obama dalam sambutan jamuan makan malamnya, sangat terkesan menu khas yang khusus dijamu buatnya. Apalagi kalau kesukaanya dimasa kecil, Bakso, Nasi Goreng dan Emping. “Terima kasih untuk baksonya, nasi goreng, emping, dan kerupuk,” ujarnya. Kata pembuka ini membuat semua hadirin dan undangan bertepuk tangan meriah.

Katanya pula, ketika ia dan ibunya tinggal di Jakarta (1967 – 1971 ) dahulu dan tinggal disebelah gedung Sarinah, gedung ini merupakan gedung paling tinggi di Jakarta, eeeh…..malah sekarang paling kecil diantara gedung-gedung pencakar langit lainnya.

Pada kesempatan itu ia juga menyatakan prihatin atas bencana alam Merapi, Wasior dan Mentawai yang terjadi di Indonesia sekarang ini. Oleh karena itu Obama menyatakan akan terus mendukung upaya pemulihan pascabencana.

Ia pun berjanji akan datang bersama keluarganya di Indonesia, berkunjung ke beberapa kota dan tinggal lebih lama lagi.

Mengakhiri pidatonya dalam jumpa pers di Istana Merdeka petang ini, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengucapkan terima kasih dan assalamualaikum.

***********

sumber:http://www.kompas.com ,http://www.tempointeraktif.com, http://www.mediaindonesia.com, http://www.detiknews.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s