BENCANA ALAM – Dapatkah Anda Terhindar ?

Sejak terjadinya Tsunami di Bangladesh, Srilangka, Thailand dan Aceh-Indonesia, bencana demi bencana terus melanda Dunia. Gempa, banjir, longsor, badai dan bencana alam lainnya terus terjadi. Beberapa waktu lalu bencana alam juga terjadi di Haiti-Afrika.

Mengenal Jenis Bencana Alam

Anak-korban-badai-nargis

BADAI NARGIS, MYANMAR

Badai Nargis meluluhlantakan 47 kota di Myanmar dan menewaskan sekitar 134.000 orang. Bencana alam ini disebut-sebut sebagai kedua terbesar di Asia Tenggara setelah bencana tsunami 2004. Sebagai negara tertutup yang dikekang diktator  militer, saat itu Myanmar terlihat enggan membuka pintu bagi masuknya bantuan-bantuan kemanusiaan dari pihak luar, membuat banyak pihak cemas korban bencana akan melonjak menjadi jutaan karena kelaparan dan serangan penyakit. Para diplomat saat itu terpaksa harus terus mendesak rezim militer mempercepat pemberian bantuan kepada sekitar 2,4 juta korban yang selamat.

Terdengar jawaban salah satu jenderal yang bertanggungjawab di wilayah itu, ketika ditanya tentang pembersihan tubuh-tubuh yang mengambang. Dia mengatakan:  ’Tidak ada masalah, itu buat makanan ikan-ikan.’

Bencana alam belakangan ini sering terjadi di Dunia. Untuk itulah diperlukan pengetahuan serta pemahaman terhadap bencana-bencana alam yang mungkin akan terjadi di masa mendatang.

Bencana mempunyai arti yaitu: sesuatu yang menyebabkan (menimbulkan) kesusahan, kerugian atau penderitaan. Sedangkan bencana alam artinya adalah bencana yang disebabkan oleh alam.

Bencana alam, jika ditinjau dari penyebabnya dapat dibagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

1. Geologis,

Bencana alam geologis adalah bencana alam yang disebabkan oleh gaya-gaya dari dalam bumi.

Terkubur-gempa

GEMPA SICHUAN CINA

Sebuah gempa besar meluluh-lantakkan kawasan Sichuan, Cina tanggal 12 Mei 2008 pukul 14.28 waktu setempat. Gempa ini paling sedikit menewaskan 65.080 orang. Selain itu, 360.058 korban menderita luka-luka dan 23.150 orang hilang dalam gempa berkekuatan 8.0 pada skala richter yang menghantam bagian barat daya Provinsi Sichuan. Sekitar 14,38 juta orang dievakuasi dari kawasan yang terkena gempa.

2. Klimatologis,

Sedangkan bencana alam klimatologis adalah bencana alam yang disebabkan oleh perubahan iklim, suhu atau cuaca.

Haiti-setelah-badai-ike

BADAI IKE, AMERIKA SERIKAT dan KARIBIA

Badai atau Hurricane Ike adalah badai ketiga paling dahsyat yang melanda Amerika dalam sejarah.Sebenarnya, badai Ike hanya satu dari lima badai besar yang melan da kawasan Atlantik Utara tahun lalu, selain 16 jenis angin ribut tropika. Badai Ike menyerang sejak tanggal 1 hingga 16 September 2008, merenggut 164 nyawa dan menyebabkan lagi 202 warga Amerika Serikat kehilangan tempat tinggal.

Saat menyapu daratan, Badai Ike membawa gelombang air laut setinggi 20 kaki (7 meter) dan memporakporandakan kota yang dilaluinya. Galveston  terendam air setinggi hampir 2,5 Meter. (Menurut sejarah, tahun 1900 juga terjadi badai dengan ukuran yang sama dan mengakibatkan jatuhnya korban manusia sebanyak 6.000 jiwa). Badai Ike bergerak maju dengan kecepatan sekitar 18 kilometer/jam dan kecepatan angin didalam lingkar badai sekitar 175 kilometer/jam.  Tiupan badai yang kencang diperkirakan akan meluluhlantakkan sebagian besar rumah, gedung, listrik serta prasarana umum, serta merendam kota selama berminggu-minggu. Banyak pihak memprediksi bahwa Badai Ike ini akan mengakibatkan jumlah kerugian yang sangat besar, bahkan mungkin terbesar selama dua dasawarsa terakhir.

Sebelumnya di Haiti dan Kuba badai Ike telah meninggalkan jejak-jejak kerusakan besar. Tanpa sempat pulih dari badai Hanna dan Gustav yang berturut-turut menerpa, Kuba dilanda badai selama 40 jam. Seluruh Kuba merasakan dampak badai Ike. 30.000 rumah hancur dan sekitar 170.000 rumah lainnya mengalami kerusakan. Daftar kerusakannya panjang: jalan, jembatan, industri, lokasi turisme, pelabuhan, sekolah, rumah sakit dan pusat-pusat kesehatan masyarakat.(obatngantuk.files.wordpress.com)

3. Ekstra-terestrial

Lain halnya dengan bencana alam ekstra-terestrial, yaitu bencana alam yang disebabkan oleh gaya/energi dari luar bumi, bencana alam geologis dan klimatologis lebih sering berdampak terhadap manusia.

Volcanoes-on-lo02

 

Sebuah Fenomena yang Tak dapat Diprediksi

Tidak seperti bencana alam yang ditimbulkan oleh cuaca (klimatologis) yang sudah dapat diprediksi kedatangannya, arah dan di lokasi mana daerah yang akan dilanda, bencana alam geologis—terutama gempa bumi— sampai sekarang masih sulit untuk diprediksi, sehingga fenomena alam itu sifatnya seolah-olah “mendadak” dan ” tidak teratur”.

Namun demikian, fenomena yang akan terjadi harus diwaspadai dan diketahui secepatnya untuk mengantisipasi jatuhnya ribuan korban manusia dan materi.

Tetapi masalahnya, pada kejadian-kejadian bencana alam geologis, gejala awal tersebut sering kali berjalan terlalu cepat dan berjangka waktu sangat singkat ke gejala utama sehingga tidak ada waktu untuk mengantisipasi datangnya gejala utama. Maka, usaha untuk mendeteksi datangnya gejala awal sangat penting dalam mengantisipasi bencana alam.

Ikuti Informasi Sekarang Juga !!

MediaCenter

Pusat Informasi Bencana Di Indonesia, Facebook. … Tulisan Terkini (Weblog). Pelaporan Bencana (diambil dari peta di atas). TITLE, Location, Date …
www.mediacenter.or.id/

PUSAT INFORMASI RISET BENCANA ALAM

Mohon Maaf Website PIRBA saat ini dalam proses perbaikan.
www.pirba.ristek.go.id/

 

Pusat Informasi Bencana di Indonesia

Kata Kunci. Gempa, Bencana di Indonesia, Banjir dan Longsor, Kerusakan Lingkungan, Perubahan Iklim. Pusat Informasi Bencana di Indonesia
www.republikbencana.net/informasibencana.html
 

Pusat Vulkanologi & Mitigasi Bencana Geologi – VSI – Home

Guna meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan mengantisipasi bahaya Gunungapi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyiapkan informasi beserta
portal.vsi.esdm.go.id
 
Kesiapsiagaan dari segenap potensi penanggulangan bencana, baik dari segi personil maupun …. Designed by Pusat Data dan Informasi 2010 All Rights Reserved
www.basarnas.go.id/
 

PIRBA – Pusat Informasi Riset Bencana Alam

Pusat Informasi Riset Bencana Alam (PIRBA) adalah pusat di dunia maya (virtual world) yang dibentuk karena besarnya peran Iptek dalam penanganan bencana.
www.pirba.ristek.go.id/main.php?…

 

Website MPBI sebagai Pusat Informasi (Clearing House) PB | MPBI

Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI) merupakan sebuah lembaga Sebagai sebuah website pusat informasi maka mestilah website ini berbasis
www.mpbi.org/…/website-mpbi-sebagai-pusatinf

mapala.info

Pusat Koordinasi Nasional Mapala Tingkat Perguruan Tinggi Se-Indonesia Rencana Aksi Pengrangan Resiko Bencana Provinsi Sumatra Utara
www.mapala.info/
 

LIPI: Buku Siaga Bencana Masuk Pelajaran Sekolah – DIKNAS.GO.ID

agar buku tentang siaga bencana berbasis sekolah hasil terbitan LIPI dan Badan PBB INFORMASI TERKAIT. BHP untuk Sekolah Terakreditasi
www.diknas.go.id/headline.p

 

UNICEFHQ08-0231GeorginaCranston1-big

“…Satu Informasi ANDA…selamatkan 1.000 nyawa Manusia…”

Kami Menerima DONASI dan BANTUAN MATERIL untuk korban bencana Alam…

***********

sumber :

www.dhammacitta.org, obatngantuk.wordpress.com.

 

9 thoughts on “BENCANA ALAM – Dapatkah Anda Terhindar ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s