Selamat Datang di Kota ENDE

“Jalan Bareng BANGOOYI”

“……assalamualiakum… mau numpang tanya?boleh kan…? kalau dari airport ke kelurahan mautapaga berapa lama? trus dari kel mautapaga ke kalimutu berapa lama?…trus penginapan yg berstandar turis untuk keluarga yg bagus <sekitar mautapaga>dimana? transportasi yg biasa dipakai apa?maaf pertanyaannya banyak…soalnya aku belum pernah ke ende….sekali lagi..maaf ya…tapi sebelumnya saya ucapkan terimakasih…”

Makasih atas pertanyaan Pembaca yang bertanya seputar penginapan dan hotel di kota Ende. Baiklah..menarik untuk diinformasikan bagi yang mau berkunjung ke Kabupaten Ende. Saya akan berikan informasi daerah sekitar Bandara yang layak dikunjungi untuk berdarmawisata ke kota Ende.

Jalan-jalan

kalau dari airport ke kelurahan mautapaga berapa lama?

Tidak lama, sekitar 5 menit dengan berkendaraan. Kita bisa menggunakan kendaraan roda 2 (ojek) dengan harga Rp.2.000,–. Namun bila memesan roda 4, maka bayarannya lebih mahal. Biasanya per jam atau 1 hari. Tergantung nego. Harga kisaran 200 rb s/d 600 rb.

kalau dari airport ke kelurahan mautapaga berapa lama?

Bandara sendiri berada di wilayah kelurahan Mautapaga. Dari peta (garis putus-putus) terlihat wilayah Mautapaga di sebelah kanan arah dari Bandara.

trus dari kel mautapaga ke kalimutu berapa lama?

Kelurahan Mautapaga berbatasan dengan Kelurahan Kelimutu disebelah Barat. Jaraknya tidak terlalu jauh. Hanya 10 menit kearah kiri dari pintu bandara, kita sudah sampai di wilayah kelurahan Kelimutu.

…trus penginapan yg berstandar turis untuk keluarga yg bagus <sekitar mautapaga>dimana?

Saya sampaikan 5 penginapan. 4 yang kelas ekonomi standar dan 1 kelas berbintang. Ok, kita mulai saja. Dari arah pintu keluar bandara, langsung terlihat “Monumen Pancasila”. Nah, ada 4 arah jalan. Kekanan, yakni jl.Gatot Subroto (kelurahan Mautapaga). Lurus kedepan adalah jalan El-Tari (ada hotel Satar Mese). Arah 45 derajat kekiri itu Jl. Kelimutu dan Arah 90 derajat kekiri jl. Ahmad YAni.

Kita lihat legenda yang saya tulis disamping kanan. Arah kanan, di jl. Gatot Subroto ada HOTEL ANGGREK DAN HERO SWALAYAN. Arah lurus, ada hotel SATAR MESE dan Kantor Bupati. Kemudian di jl. Kelimutu ada hotel GRAND WISATA (hotel bintang 3). Selanjutnya di jalan Ahmad YAni ada hotel SAFARI dan HOTEL IKHLAS. Saya sajikan dengan jarak ke masing-masing HOTEL. Beberapa hotel dan pusat perbelanjaan ini yang “standar” bagi ukuran wisatawan. NYAMAN, PELAYANAN BAGUS serta MAKANAN baik .

transportasi yg biasa dipakai apa?

Sudah saya singgung diatas. Biasanya, kalo mau jalan-jalan di kota. Ada baiknya ngojek aja deh. Biar bisa hirup udara kota ENDE. Oiya, saya lupa. Kota ENDE menyajikan wisata alam khususnya wisata pantai. Ada pantai ENDE dan ada lpantai BITA BEACH. Tapi, omong-omong soal pantai sih, disitu masih 2. Ada banyak obyek pantai yang layak dikunjungi.

Untuk keluar kota, ada baiknya sewa kendaraan roda 4. Banayk di Bandara dengan kisaran harga diatas. Kita bisa mengunjungi belasan objek wisata yang pernah saya tulis di banyak postingan terdahulu. Termasuk ke Danau 3 warna “kelimutu”.

Ini dulu yaa…info dari saya. Semoga bermanfaat buat rekan-rekan wisatawan semua…….

7 thoughts on “Selamat Datang di Kota ENDE

  1. Hendi berkata:

    Salam kenal mas Oyi, saya Hendi dari Madiun – Jawa Timur. Saya ada rencana ke Ende sekitar tahun baru, kalau boleh pengen tanya-tanya tentang Ende. Boleh tahu alamat email/nomer telepon mas Oyi? Alamat email saya hendi_wisma@yahoo.com Terimakasih banyak🙂

    Salam

  2. dendi berkata:

    haloo mas oyiii. boleh tanya? kalo saya mau k flores mengunjungi p.komodo trus danau kelimutu tapi saya dari lombok naik motor enaknya jalurnya gimana dan harga penyebrangannya berapa? maav sebelumnya dan makasih.. mhn bimbingan ..

  3. Dhoyan (Roworeke) berkata:

    Halo Mas Oyi ,,,,,,Jao DHOYAN asal roworeke sekarang Kulia di SULUT, Bagaimana keadaan Kota ENDE skarang,,,,,,,,so ada bangunan baru kah????? Jao su kangen dengan Jao pe Kota ENDE na,,,,,,,,,,,,,,,,ni alamat email: {dhoyanlovepaceende@yahoo.co.id} Thank’s very much

  4. Jesilado12 berkata:

    ende skrng uda berubah yaaa,,,,dengar2 dsna penduduk pribumi sama turis 50/50,,,,,jadi kngen pngen pulng,,,,tolong ngasi info lebih dalam dong ,,jadi pngen tau,,,saya juga orang ENDE

Tinggalkan Balasan

