Taman Nasional Komodo Merosot ke Posisi 17

Persaingan tujuh keajaiban dunia semakin ketat. Posisi TN (Taman Nasional) Komodo sebagai satu-satunya kandidat dari Indonesia terus mengalami pasang surut. Data terbaru menyebutkan TN Komodo merosot ke urutan 17 dari sebelumnya posisi 16 dalam ranking 28 besar.

Dalam hasil jajak pendapat terbaru The Seven Wonders Foundation, posisi tiga besar berturut-turut ditempati oleh pulau Amazon di Bolivia, Angel Falls dari Venezuela, dan Bay of Fundy di Kanada.

Pesaing ketat TN Komodo yang sama-sama berasal dari wilayah Asia adalah Halong Bay milik Vietnam di posisi 12, dan pulau Jeju di Korea Selatan yang menempati urutan ke-15.

Sebelumnya, TN Komodo yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur itu sempat berada di urutan nomor delapan, bersaing dengan 27 kandidat lainnya. Sayangnya posisi tersebut berangsur-angsur turun hingga kini berada di posisi 17.

Selain dukungan dari dalam negeri, salah satu penilaian tujuh keajaiban dunia ini juga mengharuskan TN Komodo mendapatkan dukungan dari internasional. Dalam hasil jajak pendapat internasional, posisi TN Komodo saat ini cukup terancam dari pesaing lainnya dengan persentase jumlah dukungan sebesar 89,35 persen. Padahal untuk bisa terus bersaing dengan kandidat lainnya, jumlah dukungan internasional minimal adalah 90 persen.

Tahun lalu, Indonesia menempatkan tiga TN dalam daftar nominasi tujuh keajaiban dunia yang baru. Namun dua di antaranya, yaitu TN Gunung Krakatau dan TN Danau Toba gugur pada awal seleksi. Beruntung Indonesia masih memiliki TN Komodo yang berhasil menembus seleksi posisi 28 besar menyingkirkan 49 lokasi lainnya dari berbagai negara.

Sekilas Tentang Pulau Komodo

Pulau komodo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat, sebelah barat Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape dengan luas 1.817 km2.

Pulau Komodo merupakan Taman Nasional  yang kemudian diakui UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada 1986. Pulau ini merupakan satu-satunya didunia sebagai habitat Komodo atau biasa disebuat “Komodo Dragon”. WWF dan Conservation International mengidentifikasi sebagai sebuah kawasan prioritas konservasi global. Pengakuan tersebuat merupakan hasil kerja keras Pemerintah Indonesia dan warga di pulau komodo, merawat dan melestarikan.

Varanus Komodoensis merupakan nama latin komodo, penduduk setempat menyebutnya “Ora” mempunyai pajang tubuh sekitar 2-3 meter dengan berat berkisar 70-100 kilogram. Populasi komodo mencapai 2500 ekor. Komodo hidup di hutan tropis yang rendah, panas dan kering. Komodo membuat lubang 1-3 meter untuk sarangnya pada malam hari. Reptil ini pemakan daging (karnivora), lidahnya merupakan indra penciumanya, dalam jarak 9 kilometer komodo dapat mengetahui bangkai magsanya ,gigi komodo mengadung bakteri yang mematikan dan cakarnya yang sangat tajam.
Komodo dapat berlari 20 km/jam dengan jarak pendek, reptil ini juga dapat berenang, memanjat, bahkan menyelam, waw….  luar biasa reptil yang satu ini.

Komodo pertama kali diperkenalkan oleh  Peter A. Ouwens pada tahun 1912 lewat  harian nasional Hindia Belanda, Peter A. Ouwens adalah direktur Museum Zoologi di Bogor. Setelah banyak orang tahu keberadaan komodo, maka perburuan terus terjadi, maka pada tahun 1915 pemerintah hindi belanda mengeluarkan larangan pemburuan terhadap komodo.

Pulau komodo memiliki ribuan jenis trumbu karang dan berbagai macam spesies ikan, juga pantai yang indah.
Pulau komodo masuk sebagai finalis “New 7 Wonders of Nature”  atau 7 keajaiban dunia. Ayo dukung pulau komodo, agar menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia (vote).
Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga akan segala keindahan alam, budaya, kesenian dan beraneka ragam suku juga bahasa.

Ayo Kirim Suara Kamu

Untuk mendukung TN Komodo agar tidak terus merosot, masyarakat Indonesia bisa berpartisipasi melalui jajak pendapat melalui telepon dan website New7wonders.com.

Partisipasi melalui line telepon dilakukan melalui Sambungan Langsung Internasional (SLI) ke nomor +41 77 312 4041. Setelah tersambung dan pesan selesai maka akan terdengar bunyi ‘beep’, saat itu Anda wajib menekan kode 7717 untuk memilih TN Komodo.

Sementara pemberian suara melalui website dapat dilakukan dengan mengakses New7wonders.com. Langkah berikutnya, masukan tujuh lokasi pilihan dengan meng-klik gambar yang telah tersedia ke dalam tujuh baris yang telah disediakan.

Selanjutnya, pemilih wajib mengisi daftar registrasi bila belum terdaftar menjadi anggota New7wonder. Setelah mendaftarkan data diri maka pengguna wajib mengonfirmasi alamat email. Setelah selesai klik ‘submit vote’. Hasil jajak pendapat ini rencananya akan diumumkan pada 2010.( okezone)

Ayo dukung terus Pulau Komodo menjadi 7 keajaiban dunia dengan mengikuti poling di New7wonders.com, setiap dukungan Anda sangat berarti untuk Bangsa Indonesia dimata dunia….

 
 

*******************************************************

sumber : http://sebuah-catatanku.blogspot.com

 

4 thoughts on “Taman Nasional Komodo Merosot ke Posisi 17

  1. Ucique berkata:

    go komodo go!
    saya sudah vote, dan terus ngajak teman2 melalui radio untuk ikut vote. banyak masyarakat manggarai ingin ikutan vote tapi sayang sekali gaptek, alias gak bisa intenet dan malah ada yang namya: “bisa lewat sms?”

    anyway, thanks sudah mengangkat topik ini di blogmu. salam kenal dari manggarai-flores!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s