Kecamatan Kotabaru….Sabana 1000 Potensi (3)

Danau Perawan

Sambil kembali menyiapkan mesin dozer dan excavator, saya dan papi berdiskusi mengenai jalur tebing yang akan dicutting. Beberapa hal teknis menjadi penting termasuk memperhitungkan alignement vertikal dan horisontalnya. Jangan sampai ketika jalan yang akan dibuka ini, tidak bisa dilewati oleh kendaraan akibat tebing yang terlalu curam untuk dinaiki kendaraan.

 

 IMG_0084

Syukurlah, setelah 2–3 hari disana, pekerjaan inipun selesai sampai ke Pantai. Ferdi sang operator pun lega. Setelah mengupas Kali Ratebobi untuk menjaga sawah masyarakat, kemudian membuka jalan dusun. Anak muda bengkel PU ini memang layak untuk dipakai sebagai tenaga teknis Dinas.

Setelah selesai, kami kembali menyusuri sisi bukit untuk menikmati pemandangan alam. Ada sesuatu yang terlewatkan, yakni Danau diseberang bukit.

Dengan garis keliling 1,88 km dan luas 17 hektar, sangatlah memungkinkan untuk diperbaharui menjadi kolam pemancingan. Kata masyarakat disana, ikan air tawar cukup banyak. Pemancing-pemancing kota Ende kadangkala datang untuk mencari ikan tawar disini.

IMG_0037 

Disisi kiri kanan bukit pun dapat dibuat homestay dll untuk tempat wisata. Fokus bisa menuju ke segala arah, bisa kelaut, bisa keswah dan bisa ke kolam pemancingan. Pokoknya benar-benar komplit.

Begitu banyak Potensi yang tersimpan di Kecamatan Kotabaru ini yang belum tergarap, a.l:

No

Potensi

Produk

Outcome

A FISIK / ALAM    
1 Persawahan Daerah Irigasi Meningkatkan Produksi Pangan Masyarakat
2 Pesisir Areal Wisata Bahari Tempat Singgah dan Rekreasi
3 Karang dan Biota Laut Penelitian, Olahraga Scuba Diving dan Budidaya Bahari Olahraga dan Penelitian
4 Ikan Pelabuhan dan Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ) Menaikkan taraf hidup dari hasil tangkap
5 Danau Kolam Pemancingan Budidaya ikan air tawar
6 Lahan Basah Tambak Ikan dan Kebun Contoh Diversifikasi Produk Pangan Masyarakat
7 Bukit Sabana Homestay dan Wisata Alam Tempat beristirahat
       
B SDM    
1 Adat Istiadat dan Budaya Hasil Kerajinan Seni dan Budaya Masyarakat Diversifikasi Usaha Masyarakat
2 dll    
       

Kotabaru dan GSP 2012

Selaras dengan program Bapak Bupati dan Wakil Bupati Ende, Drs.Don Bosco M.Wangge, MSi dan Bapak Drs. Achmad Mochdar, dalam pencanangan “Gerakan Swasembada Pangan 2012” menuju Ende Lio Sare Pawe, patutlah kita semua pihak turut berpartisipasi untuk membangun Kecamatan Kotabaru ini.

Kita bisa memberikan sumbangsih saran, pikiran dan produk apa saja untuk mempercepat akselerasi Pembangunan di Kotabaru. Mengapa Kotabaru begitu penting?

1. Kecamatan Kotabaru adalah Wilayah Perbatasan, yang secara geografis politis turut menjaga ketahanan dan kestabilan Kabupaten Ende.

2. Kecamatan Kotabaru adalah Pintu Utama bagian utara Kabupaten Ende, baik itu arus masuk perdagangan darat maupun laut yang menunjang Pintu Utama bagian Selatan di Ibukota Ende.

3. Kecamatan Kotabaru adalah Areal dengan 1000 lahan yang belum tergarap. Sangat cocok untuk dilakukan Perencanaan Komplit (Master Plan) terpadu.

4. Kecamatan Kotabaru adalah wilayah dengan luas areal Irigasi yang cukup besar, sungai yang besar serta lahan basah yang cukup luas.

5. Kecamatan Kotabaru adalah salah satu induk struktur adat istiadat dan budaya masyarakat Kabupaten Ende dengan keberagaman potensi adat.

6. Kecamatan Kotabaru adalah kecamatan yang memiliki dukungan serta semangat masyarakatnya untuk membangun. Mengejar ketertinggalan dari rekan-rekan kecamatan lainnya. 

Semoga ini menjadi bahan renungan bagi kita bersama untuk “Mari Melihat Kotabaru” dari sekarang. Siapa tahu Kabupaten Ende akan berpijak dengan 2 kaki yang kuat. Satu di Kota Ende dan Satu di Kotabaru.

Saya juluki dia “Kecamatan Kotabaru….Sabana 1.000 Potensi”

 

2 thoughts on “Kecamatan Kotabaru….Sabana 1000 Potensi (3)

  1. Yosimm berkata:

    Dalam merencanakan, swasambada pangan, sepertinya msh mentok di berbagai bagian, kerna sistim dari kepemerentaan kurang begitu jelas. Dan di sisi masyrakat juga sangat lema kerna malas dan maunya serba jadi ato mental instal. Jdi harapanku harus di benai secara baik dan jelas.

  2. Yosimm berkata:

    Saya pribadi, mengatakan sangat suka dengan pernyataan, bwh kec kotabaru,adalah tempat yg strategis dan mendukung di berbagai bidang, tapi di lihat dri sumber daya manusia masih kurang dan belum mampuh untk membudayakan daeranya, untk itu saya sebagai putra daera, dengan nama yohanes osmini panggilan yosimm, mengatakan, marilah kita satukan hati dan bulatkan tekat untk membangun daera kita, dan kita juga kerja sama sampikan ke pemerintah untk pembangunan infrastruktur, ato urat nadi sebagai sumber utama, krn di setiap orang yg mau ke kotabaru, ragu dan kewatir dengan jalan dari ndondo ke kotabru yg rusak dan jelek sekali. Harapanku, kita membangun dulu dri sisi jalan, sekian dan trima kasih, apa bila ada kekurangan kata, dan menyinggung perasan pembaca saya dri lubuk hati mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s