Kecamatan Kotabaru….Sabana 1000 Potensi (1)

Logo PU

IMG_0024

Setelah lelah pulang dari pekerjaan Normalisasi Kali Ratebobi – Kecamatan Kotabaru, baru kali ini saya menyempatkan diri untuk menulis kembali,sekedar mengagumi betapa indah pemandangan alam dan segenap potensi yang terkandung di Kotabaru…….

Hmmm…saya harus mulai dari mana? Yang terbayang dibenakku kenangan makan ikan cumi-cumi di Kelong milik AMPI, seorang pemuda sederhana yang tinggal di pesisir pantai desa Tou Timur serta ngobrol bersama Om Herman Wonda. Kebetulan 4 hari saya bersama PAPI (Pelupessy William), teman kerja di Bidang Pengairan-Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ende sembari melaksanakan tugas menyelesaikan Proyek Normalisasi Kali Ratebobi guna mengantisipasi dan menjaga ratusan hektar sawah milik masyarakat desa disana dari terpaan Banjir.

Siang itu bersama Tronton

IMG_0049

Kamipun berangkat siang bolong, berbekal pakaian seadanya, saya, papi dan om simon menuju ke Kecamatan Kotabaru menggunakan mobil pickup biru pengairan. Kebetulan kami menemani rombongan om tinus, sudin, leo dkk yang terlebih dahulu membawa tronton dan excavator ke Kotabaru.

Tidak lupa siulan kecil mengiringi keberangkatan kami, sembari menikmati indahnya pesisir desa Ranakolo Selatan, kemudian Desa Mausambi dengan atol-nya dan keramahan masyarakat desa Maurole disepanjang jalan.

Memang Kecamatan Kotabaru adalah wilayah perbatasan Kabupaten Ende dengan Kabupaten Sikka (maumere). Menempuh perjalanan ke Utara (kurang lebih) 100 km melewati beberapa Kecamatan pesisir utara Kabupaten Ende.

Ratebobi batas

Tanggung jawab dipundak untuk menyelesaikan pekerjaan ini tidaklah ringan. Medan yang cukup berat serta lokasi yang jauh tidak mengurungkan semangat untuk selalu mengontrol pekerjaan disana agar berjalan baik.

Malam hari rombongan tiba. sembari melepas lelah dengan segelas kopi di teras rumah Pak Camat (Gabriel Dala) yang begitu ramah menerima kami. Beberapa arahan dan harapan dari beliau yang mewakili segenap masyarakat Kotabaru a.l: keinginan untuk membuka keterisolasian dari sentuhan pembangunan agar bertahap diwujudkan.

Dozer di Puncak Bukit

Setelah mampir di rumah Pak Camat, perjalanan malam diteruskan ke perbatasan. Kami pun bermalam dirumah Om Herman Wonda, pagi harinya kami menuju ke lokasi Normalisasi Kali. Memang kedatangan kami untuk Pengawasan Lapangan sudah yang kesekian kalinya. Beberapa sisi kali sudah digusur dengan dozer. Sudah digali dan dipasangi brongjong di sisi kiri sungai.

IMG_0049  

Alhamdulillah pekerjaan inipun selesai dengan baik dan memuaskan. Sungai pun mengalir dengan indahnya. Sawah-sawah milik masyarakat akhirnya terselamatkan.  

Sambil mengisi waktu, Papi kemudian mengajak saya menuju ke bukit di desa Tou Timur, tepatnya disebuah dusun. Waow, masyarakat berduyun-duyun menyambut kedatangan kami. Bukan tidak mungkin, hari ini mereka akan membuka jalan dusun menuju ke pantai. Harapan yang sudah terpendam bertahun-tahun lamanya akhirnya terwujud.

Upacara adat dengan dihadiri Pak Camat, tokoh adat maupun tokoh masyarakat pun dimulai. Setelah acara seremonial selesai, Saya dan Papi langsung bergegas menuju ke Ferdi (operator dozer) untuk menyalakan mesin dozer.

IMG_0075

Jreng…jreng…..suara menggelegar dozer bergerak dengan pisaunya mengupas kiri-kanan tebing. Masyarakat bersorak-sorai penuh riang gembira berlarian. Dalam sekejap, tahap pertama jalan desa sepanjang 300 meter dikupas dengan cepat. Sampai begitu semangatnya, hingga panas yang menyengat, seakan membakar kulit leher. Saya dan Papi bergegas menyusuri sepanjang jalan, sedangkan om simon mengetes medan jalan dari atas pickup (gambar bawah).

 

IMG_0080  

Kegiatan ini berjalan dengan baik sampai sore. Menjelang malam, kami pun beristirahat melepas lelah. AMPI mengajak kami untuk beristirahat sejenak di pantai. 

 

  

 

2 thoughts on “Kecamatan Kotabaru….Sabana 1000 Potensi (1)

  1. chris berkata:

    eja, bisa ga juga nulis tentang beberapa pseona pantai yang ada di seluruh kabupaten ende? semoga suatu saat bisa bawa keluarga kelilingi pulau nan indah di flores………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s