First .:: W o r k s h o p ::. FLOBAMORA COMMUNITY

Sore ini udara begitu sejuk. Maklumlah, Rabu: 11 Maret 2009 adalah hari yang ditunggu kru Flobamora Community (FC) untuk mulai acara mini workshop. Dengan mengusung tema “Apa itu BLOG?” rekan-rekan mulai menuju ke Ruang Multimedia SMUN 1 Ende untuk bersapa dengan adik-adik disana, sekedar berbagi ilmu untuk mereka.

Eit, tunggu dulu. Ada yang menarik nih, di sore pukul 04:15 pm kami tidak sendiri lho. Kulihat adik-adik pesilat menyambut kami dengan gembira. Seakan mengatakan “Ayo, kakak-kakak FC, silahkan ber-blog ria. Kami siap melindungi Anda”. Ceilee….

IMG_0043 copy

Memang sih, pada waktu yang sama. Siswa-siswi pada ngadakan ekstrakurikulernya rutin seminggu sekali. Sebagian pula ada yang les sore dan privat di kelas, sehingga jadi ramailah semuanya.

Ok, kita mulai dengan Acara…..

Persaudaranbloggerkuansing Dengan didampingi oleh Pak Mat (Guru Komputer), kelompok pertama, adik-adik Kelas 11&12 IPA mulai masuk ke ruangan. Sebagai pembuka, jelas dong Opening by MC (Miss Sinta & Bung Armando ). Dengan style seorang blogger, keduanya membuka acara dengan khidmat. Mungkin sudah pengalaman di Radio kali yaa. Bukan maksudnya berbangga lho, Miss Sinta sendiri penyiar GOMEZONE FM yang sering nongkrong dengan fans-nya di acara musik. Sedangkan Armando di penyiar RRI Ende yang sudah akrab ditelinga pendengar. So pasti keduanya the best MC yang dimilki Flobamora Community.

Rotation of IMG_0048 copy

Persaudaranbloggerkuansing Makasih yaa, MC. Kemudian sepatah dua kata dari saya untuk membangkitkan semangat adik-adik supaya belajar ber-blog.

Persaudaranbloggerkuansing Inti acara pun diisi oleh dek Tuteh membawakan Materi Blog. Kak Tuteh dihadapan adik-adiknya benyak menguraikan tentang Apa itu blog. Mulai dari Pengenalan dan pengertian Blog secara umum, beberapa contoh blog gratisan yang digunakan semisal www.blogger.com.

“ Nah, untuk memulai memiliki sebuah blog pribadi, terlebih dahulu kita harus mendaftar account di Gmail. Penting sekali memiliki Email, sebagai sarana untuk berkomunikasi, berinteraksi sekaligus prasyarat untuk mendaftar blog di Blogger.” : begitu, katanya bersemangat.

IMG_0034 copy

Kemudian peserta mulai diajak untuk membuat sendiri Blog-nya. Setahap demi setahap sampai blognya jadi. Alhamdulillah, Tutehjuga memberikan tata cara Posting dan mempublikasikan. Hore…jadi deh punya blog sendiri. Peserta sangat gembira, ketika melihat pertama kalinya mereka memiliki tulisan di Blog Pribadi.

“…..Adik-adik, banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan ketika Anda mulai berblog. Bilamana Anda sudah terbiasa menulis maka suatu saat bisa jadi seorang Penulis yang Hebat dan menyumbangkan karya menjadi sebuah buku.” : Kata Tuteh, sambil berbagi pengalamannya dalam bekerjasama dengan penerbitan buku Gramedia sampai menjadi penulis buku.

Tidak lupa pula, I’in dan MJ dan Cici serta merta membantu membagi Tutorial Blog yang sebelumnya sudah digandakan Bang Yudin. Teman-teman dibelakang layar sangat membantu acara ini bisa sukses. Makasih yaa, atas semuanya.

IMG_0031 copy

Persaudaranbloggerkuansing Materi kedua dilanjutkan seputar Flobamora Community by Oombym selaku Komunikator FC Kab. Ende. Dengan berbekal keahlian sebagai instruktur komputer dan pemilik Amar.Com Service Center di Jln. Perwira ini, Oombym menguraikan satu persatu jeroan Flobamora Community . Mulai dari pengenalan dan pengertian Flobamora Community, Founder&Struktur Flobamora Community, cara membuka Akses ke web Flobamora Community dan seabrek lainnya.

Rotation of IMG_0046 copy

Tidak lupa pula, Oombym mengajarkan tata cara mendaftar member di web Flobamora Community dan menu-menu apa saja sih yang ada di web Flobamora Community ini. Pokoke, ludes abiz deh kayak makan gado-gado. Semuanya dikupas dengan padat, cepat dimengerti, jelas dan terstruktur. Itulah gaya sahabat saya sejak dulu. Thanks for All, Oombym .

PersaudaranbloggerkuansingTermin kedua Tanya-jawab. Dek Irfan (member Flobamora Community) bertanya seputar Sejarah Blog. Kita coba untuk menjelaskannya. Kalau dek Irfan sendiri, member yang punya spesialis foto. Banyak sudah hasil foto diabadikan. Apalagi puisinya lumayan bagus. Coba baca saja di blog-nya.

Persaudaranbloggerkuansing Tidak lupa pula kakak-kakak FC begitu setia menemani adik peserta untuk dibimbing sampai jadi blognya. Kalau dilihat sih, Flobamora Community bisa besar dan kompak karena jerih payah mereka.

IMG_0033 copy

Persaudaranbloggerkuansing Hari sudah menjelang maghrib, Penutupan by MC (Miss Sinta & Bung Armando) sekaligus menyampaikan Kegiatan Flobamora Community selanjutnya, ngecek Daftar offline serta mengingatkan tempat pemesanan merchandise untuk wilayah Ende.

Persaudaranbloggerkuansing Tidak lupa foto bersama peserta dengan kru FC sebagai ungkapan rasa syukur berhasilnya acara perdana ini.

IMG_0056 copy

Berdiri dari Kiri ke Kanan : Dek Kharisma (yang lucu), Bang Allen (cool abizz), Bang Ryan (kapan hantarannya?),  Bung Etchon (yang keren), Saya, ………….., Pak Mat (guru komputer smunza), Bung Armando (Blacky), Bang Sonny (big family), Bang Pedro (pinjam kacamatanya dong🙂, Bang Yudin(wah kemana nih….koq menghilang?).

Duduk dari Kiri ke Kanan : Miss Sinta (kapan traktirnya Bang?), Miss Tuteh (Ibu Kost FC), Dek Cici (yang imut), Miss Nani (senyumnya dong), Miss I’in (senyum simpulnye).

Persaudaranbloggerkuansing Pasca Workshop

Setelah pamitan dengan Pak Mat, kami Kumpul di Jl. Irianjaya 52, pukul 06:30. Yaa, sekedar Anjangsana dan Evaluasi. Kita sempat isi waktu lho dengan Pengenalan dan diskusi tentang :

Anggaran Dasar.

Anggaran Rumah Tangga.

Garis Besar Haluan Organisasi.

Garis Besar Program Kerja.

Bagan Struktur Komunitas.

Program Kerja dan Kegiatan.

Selanjutnya, sambil makan gorengan kita selingi lagi dengan Diskusi Umum tentang Rancangan Lomba Blog. Kemudian berakhir pukul 11:30 WITA.

SMA 1 Ende, kita bertemu lagi di Rabu depan, pada jam yang sama. Ok ?

IMG_0042 copy

4 thoughts on “First .:: W o r k s h o p ::. FLOBAMORA COMMUNITY

  1. -may- berkata:

    Wow! Hebat sekali adik2 SMUN 1 Ende ini. Dan salut buat Komunitas Flobamora yang sudah membuat workshop ini.

    Ayooo… ditunggu kiprah blogger2 Ende di blogosphere! Siapa tahu kita jumpa di Pesta Blogger 2009

  2. dsuwety berkata:

    S’moga, Blog Flobamora menjadi wadah komunikasi dan pemersatu untuk para blogger. sukses buat “OIR CS” jgn lupa postingnya harus terupdate agar bisa tahu perkembangan kota “ende” by….. by……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s