Bukan Jaringan Pertemanan yang Anda duga…
The Telegraph akhir pekan lalu melaporkan bahwa Facebook berencana untuk menjual data anggotanya yang memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk menggunakan dalam iklan untuk jajak pendapatnya.
Facebook berencana mengeksploitasi informasi pribadi anggotanya yang berjumlah 150 juta pengguna, dengan menciptakan database riset market terbesar.
Hasilnya, situs jejaring sosial ini akan meraup keuntungan yang dinilai sebesar $15 milyar, dengan mengijinkan perusahaan multinasional untuk melakukan berbagai riset melalui survei.
Cara Kerja Bisnis ini
Mari kita lihat cara kerja jajak pendapat ini. Pengiklan dapat membuat iklan dengan sebuah jajak pendapat yang terdapat di dalamnya :
1. Perusahaan Cadbury-sebuah perusahaan Coklat terbesar d Dunia, misalnya, bertanya ‘Apakah Anda akan kecewa jika kita menarik Wispa chocolate bar? ”
2.Facebook menawarkan jasa layanan pada perusahaan itu berupa isian target jajak pendapat untuk menjangkau khalayak yang tepat yang Anda inginkan “, melalui pemilihan lokasi tertentu, dengan rentang usia, jenis kelamin pada calon responden dan bahkan preferensi seksual.
3. Hasil pemungutan akan ditampilkan kepada pengguna, dan mereka akan dapat melihat bagaimana respond teman mereka mengikuti polling ini. Perusahaan yang membeli iklan jajak pendapat diatas akan menerima hasil responder.
Sudah Jelas bukan?
Ok, Facebook merupakan bisnis, bukan situs jaringan pertemanan semata. Mereka hanya menyediakan fasilitas layanan untuk Anda, Saya dan Dia; kemudian kita mengisi data anggota dan informasi tentang pribadi kita dan jaringan kita, kemudian akan menjadi salah satu aset berharga Facebook.
“korban” facebook yang masih “suka” pakai facebook
Mungkin kita bertanya, perlukah Facebook ditengah kekayaannya yang sudah melimpah ruah, dengan tanpa moral menjual lagi asset pribadi anggotanya yang idealis terhadap sebuah persahabatan dengan rekan-rekannya?.
Anda mau tahu kekayaan Mark Zuckerberg? CEO situs jaringan sosial Facebook. Ia dinobatkan sebagai milioner termuda di dunia oleh majalah Forbes dengan jumlah kekayaan mencapai USD1.5 miliar atau setara dengan 13,5 Trilyun Rupiah. Dia adalah billionaire termuda di dunia saat ini, dan billionaire termuda sepanjang sejarah yang mengumpulkan sendiri kekayaannya. Tinggal ditambah USD$ 15 milyar + USD$ 1,5 milyar = USD$ 16,5 milyar. Silahkan konversi ke Rupiah…..
Mark Zuckerberg
Jika Bill Gates tersingkir di posisinya semula menjadi nomor 3 sebagai orang terkaya di dunia, Mark Zuckerberg malah mencuat dan dinobatkan sebagai orang terkaya di usianya yang masih muda, 23 tahun !!
Hasil Riset~Que
Ini adalah contoh hasil riset dengan judul :
Dampak Penggunaan Jasa Layanan Jaringan Sosial terhadap User-nya
Ketika Anda, saya dan Dia mendaftar sebagai user di situs jejaring sosial seperti :facebook, google, yahoo, dkk-nya. Maka kita akan masuk dan diintai didalam “gua” riset pasar mereka. Beberapa Jasa layanan gurita web tadi memang hidup dari iklan. Artinya mereka mengandalkan “kuantitas” dan “privasi” kita untuk dijual. Posisi perusahaan besar, menempel seperti benalu yang sering anda saksikan didepan pohon mangga rumah Anda.
Benalu-benalu ini akan makan Hasil jajak pendapat yang dijual facebook dkknya, kemudian terjadilah mekanisme simbiosis mutualisme. artinya Sama-sama untung. Darimana? untung dari “data privasi” Anda, saya dan dia. Lantas, kita gimana dong? Yaa….kita kembali bertiga deh…... Seperti semula….
Saya mohon dengan hormat untuk tidak “mempublikasikan” hasil riset ini, karena akan mengganggu kestabilan aktivitas nge-net kita. By….
***************************
Keterangan icon :
= setan
= emangnya enak, dikibulin….hiiiiiiii
= Kelinci percobaan
= Ngopi Nescafe…yuuuk
Untung saya baca blog ini. Dan untung juga belum jadi jadi sign up. Kunjungi dong…….
salam kenal…..oh iya mas boleh ajarin aku tentang face book??????????????
hehe. so just ignore if there’is an invitation for filling a quesionaire
nama juga orang pinter mas…
wajar aja dia bisa kaya.
lagian apa ada ruginya jadi member facebook?
hem….
yayayaya…
truz yang udah pake facebook gimana tuh?
yayayay…
heeeem
truz yang dah punya gimana tuch?
mungkin ada saran???
mungkin nanti aku akan buat eyebook, biar jadi pesaingnya facebook. he2x 🙂
yah….
gimana lagi, kemampuan kita emang baru segini.
namanya juga pemakai….ya bisanya cuma manut ma yang punya aplikasi (web) dong.
menurut saa sih, selain kita save informasi berharga kita kita manfaatin aj tu facebook. toh pasti ada manfaatnya juga. just opinion 😀
thank infonya,…
bos…dapet data dari mana?
thank’s atas infonya????
salam kenal https://ooyi.files.wordpress.com/2009/02/smile17.gif?w=544
ya memang si mas.. tergantung kitan nya. suatu situs jejaring sosial mana bisa idup kalo ga ada dana… 😀
ya ga?
trims infonya gan…gitu ya.?
Mantap..artikelnya..
Salam Kenal
mohon bantuan sosialisasi
Untuk yayasan yang ingin mempunyai web yayasan gratis,
dipersilahkan untuk registrasi di link berikut :
http://www.yayasan-indonesia.net/registrasi.html
web gratis ini adalah bagian dari pengabdian masyarakat
Universitas Airlangga Surabaya.
Semoga bisa dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa dari sisi IT
Terimaksih
Pengen ikut bisnis”y biar da penghasilan