Launching Komunitas Bloger Flobamora (FC)

Hari ini kami dan rombongan sudah tiba kembali ke rumah. Hmmm, kemarin lelah seharian di Maumere. Tapi banyak sekali hal positif yang bisa diambil dari sana. Berikut catatan perjalanan kami….

Setelah menunggu hampir sebulan, akhirnya acara launching jadi dilaksanakan. Sesuai dengan undangan Pak Deddy, Bang Ilham dan Bung Dedy Isnandar yang mempelopori acara ini, kami berangkat sekitar pukul 05.00 pagi WITA. Dengan 2 mobil, rombongan Flobamora Community (FC) dari Ende yang berjumlah 16 orang berangkat menuju ke Maumere untuk memenuhi undangan teman-teman Maumere untuk acara disana.

Undangan

Sebelumnya memang, kita sempat bersosialisasi Pra Launching FC ini di sesi Talk Show “All about blog & Flobamora Community” di Gomezone 98,7 FM. Terimakasih buat dek Tuteh yang memfasilitasi acara ini buat kemajuan Flobamora.

Re-exposure of IMG_0050

Alam yang Indah…

IMG_0001

Aku buatkan puisi perjalanan kami lho….

Hmmm…kupandangi pantai Paga dengan takjub

Di kejauhan kulihat orang-orang lagi mengais air laut dangkal

mencari ikan kecil

disela-sela karang itu….

Hanya takjub,

kurasakan kebesaran Dia

mengiringi jejak flobamora

mengais tapak-tapak persahabatan

ke Maumere….

Tiba di Lokasi dan Acara

Setelah mampir beristrahat sebentar di rumah bu Tati, kami langsung menuju ke lokasi. Flores Sao Resort, jaraknya sekitar 10 km dari Maumere.

IMG_0031

Welcome….Ditengah rimbunan pohon beringin, dan sejuknya semilir angin pantai. Acara pun dimulai di aula gedung utama.

IMG_0006

Semua peserta duduk pada lesehan. Acaranya langsung dipandu MC kawakan, Tuteh. Setelah prolog singkat, sambutan pertama dari Pak Deddy selaku Penasihat FC. Beliau menekankan tentang pentingnya membangun komunitas guna mengejar ketertinggalan informasi NTT dari rekan-rekan lain di Indonesia yang sudah pada maju.

Ada 1 hal yang sangat menarik tentang pemikirannya dalam membangun FC ini adalah : bahwa generasi muda internet umumnya dan khususnya generasi muda NTT harus tetap menjaga “nilai” dalam bentuk apapun, ketika masuk dan berkelana di tengah jagad maya yang sangat luas ini.

Koridor-koridor positif haruslah tetap dijaga. Artinya hindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Semisal hindari content-content yang berbau SARA, pornografi, hacking dan lain sebagainya yang bisa merusak mental dan kepribadian kita.

Cobalah memulai dengan sesuatu yang positif, salah satunya adalah dengan “berkomunitas”, karena dengan punya wadah yang terarah dan positif ini kita bisa berbagi dan peduli, bukan hanya untuk diri kita saja tetapi minimal bermanfaat buat orang banyak. Salut

Acara kemudian dilanjutkan. Saya kebetulan diberikan kesempatan kedua. Sebatas memperkenalkan FC yang ada sekarang pada peserta yang sempat hadir pada acara ini. Tidak lupa diselingi perkenalan peserta dari Ende dan Maumere. Kemudian sedikit tambahan tentang Visi, Misi, Susunan pengurus, Program kerja dan penyampaian kegiatan Pra-Launching flobamora.

IMG_0007

Setelah itu istrahat dan makan. Do’a dipandu oleh Siti Arafah, salah satu member FC yang banyak membantu perkembangan kemajuan FC. Kebetulan Bu Tati sudah nyiapin dan menitipkan nasi kotak untuk peserta. Makasih yaa…bu Tati, sudah banyak membantu kami semua. Salut

Kemudian sesi inti “Tutorial Blog dan Web FC” diperkenalkan oleh Bung Dedy Isnandar selaku Admin Web. Dia banyak mengupas tentang cara memulai Blog dan jeroan yang ada didalam Situs FC.

IMG_0016

Peserta yang ada begitu antusias. Bahkan beragam pertanyaan mulai bermunculan. Armando bertanya : bagaimana cara isi logo flobamora di blog mereka, Oombym bertanya : apa perbedaan antara blogger dan wordpress dan beragam pertanyaan lainnya. semuanya dijawab dengan lugas oleh Bung Dedy Isnandar. Salut

Hmmm…ada lagi tuh, Tuteh menambahkan motivasi untuk teman-teman tentang pentingnya memiliki blog dan bagaimana blog bisa menghidupi kita. Bang Ilham juga memotivasi teman-teman untuk perlunya bloger ber-kompetisi didalam dunia maya. Ilham sempat mencontohkan seringnya ia mengikuti event-event kompetisi antar bloger. Dia juga mengajak peserta untuk perlunya bloger flobamora ikut didalam bloger peduli terhadap bencana alam di Indonesia.

Bloggerpeduli-125x125Banner-180x150

Games

Hmm….mungkin ini acara yang ditunggu. Lokasi pesisir pantai memang tidak jauh dari aula. Karena memang kompleks Sao Resort masih berada dalam wilayah sempadan pantai.

IMG_0025

Acara ini langsung dipandu Tuteh, Ilham dan Dedyisn. Ada hadiahnya lho. Ada lomba Karung, Sarung dan Foto Bersama Flobamora Community (FC). Hadiah langsung diserahkan oleh Pak Deddy dan Pak Umbu.

IMG_0020

Keindahan Pantai Resort di Maumere

Praktek

Nah, setelah semuanya selesai. Berakhir pula acara ceremonialnya. Peserta langsung menuju ke Gerai Warnet flobamora.net untuk praktek pelajaran tadi. Teman-teman FC begitu antusisias memulai ber-blog ria, mengikuti panduan materi dari Admin Web.

IMG_0032

Pulang

Setelah semuanya selesai, istrahat dan makan malam. Kami pun pamit ke Bu Tati, Pak Deddy, Bang Ilham, Bung Dedyisn dan semua teman FC di maumere. seraya mengucapkan terimakasih tak terhingga atas semuanya. Kita menunggu partisipasi teman-teman lainnya di seluruh Kabupaten/Kota di NTT.

“…selamat jalan rekan-rekan semua….selamat jalan Maumere. Sampai ketemu lagi dilain waktu dan kesempatan….by”

********************************************************

Rombongan dari Ende

Oombym, Sony, Yudin, Ryan, Shinta, Alen, Cici, Nani, Armando, Chinuria, Elin, In, Kharisma, Tuteh dan Saya.

********************************************************

8 thoughts on “Launching Komunitas Bloger Flobamora (FC)

  1. firman berkata:

    Salut buat komunitas blogger flobamora. Meski saya bukan asli NTT, saya sangat senang adanya komunitas ini. Kalau melihat foto-fotonya saya ingin rasanya berlibur kesana..Karena mendengar kata-kata FLOBAMORA dan NTT itu saya teringat akan seorang sahabat yang sampai sekarang lost komunikasi..ingin rasanya bergabung dan ikut aktivitasnya tapi saya masih belum bisa 100% untuk mengikuti kegiatan di alam sana..karena saya 5 bulan lalu kecelakaan dan harus di pen di kaki kanan saya..mungkin suatu saat kalau sdh dioperasi dan saya ingin berkunjung ke NTT..boleh minta bantuan dari salah satu komunitas blogger di flobamora ya…untuk kontak person bisa mengirim email di alimmatus.firmansyah@yahoo.com..terimakasih buat bantuannya..JAYA dan SUKSES SELALU …

    • ooyi berkata:

      Makasih yaa..firman, semoga adik2 NTT bisa maju dan sejajar dengan rekan2nya di seluruh Indonesia. Kita berharap semoga NTT kedepan bisa berbuat yang terbaik untuk bangsa. Amin

  2. putianggraini berkata:

    saya sungguh terharu dan iri dengan kegiatan yang dilakukan oleh saudar2 saya di NTT….
    selamat atas terbentuknya FC…ya..
    semoga selalu eksis selamanya…..

    BANGUNLAH NEGERI MU WAHAI ANAK BANGSA
    MESKI SAYAP YANG ENGKAU MILIKI TAK MAMPU MENGEPAK TINGGI
    TAPI BUKAN HALANGAN UNTUK MENGAPAI SEBUAH ASA YANG TERGANTUNG DI LANGIT
    LAUTMU AKAN MENGHANTARKAN ENGKAU PADA LUASNYA DUNIA…
    MENJELAJAHI SEMUA CERITA NEGERI SEBERANG

    I LOVE LAUT ENDE

    SALAM DARI JAKARTA….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s