Top 10 – Jalan Paling Mengagumkan di Dunia

Perjalanan telah dilakukan umat manusia sejak kehidupan ini ada. Untuk memudahkan perjalanan, mereka membangun jalan. Daftar dibawah ini adalah beberapa tempat yang paling unik dan menarik tentang jalan yang jarang kita ketahui sebelumnya.

Keunggulan dari jalan-jalan dibawah ini adalah, sampai sekarang masih ada dan dimanfaatkan dengan baik oleh wisatawan atau publik disekitarnya. Ayo…kita jalan-jalan yuuk…..

10. Gravity Hill Gravity Hill

Jalan bukit Gravitasi : perhatikan baik-baik video ini, jalan bukit ini tampak menentang hukum-hukum fisika

Berbeda dengan jalan lainnya di daftar ini, hal ini tidak jalan tertentu tetapi berbagai jalan – ada, bahkan ratusan di seluruh dunia. Bila Anda parkir mobil Anda di kaki bukit ini, ban akan terasa berat (kadang-kadang disebut juga bukit magnetik atau bukit Misteri), mobil akan muncul ke atas bukit, susah naiknya – kadang susah turunnya, demikian pula sebaliknya. Mungkin ini terjadi karena ilusi optik yang disebabkan oleh lingkungan sekitar. Jika anda tertarik untuk mengunjungi gravity bukit gravitasi, coba aja link ini kalau penasaran Wikipedia memiliki daftar lokasi diseluruh dunia.

9. Ebenezer – Skotlandia

Inilah jalan terpendek di dunia

Jl. Ebenezer adalah jalan yang paling pendek di dunia, hanya 2,06 meter (6,8 kaki). Sama kayak 2 langkah kaki ente . Trus, hanya ada satu rumah di jalan itu bro…, Ebenezer no 1, tempat yang dibangun pada tahun1883. Bangunan di gambar ini adalah hotel (Mackays) dan pemiliknya telah menginstruksikan untuk melukis nama jalan itu di samping. Jalan ini secara resmi dinyatakan sebagai jalan kota pada tahun 1887.

8. Pan-American HighwayAmerika

434Px-Panamericanhwy

Jalan Terpanjang di Dunia

Pan-American Highway adalah jalan untuk kendaraan yang terpanjang di dunia. Telah diganti Yonge Street (waktu masuk di Toronto Kanada). Dulunya dikenal sebagai Highway 11 dan baru dirubah namanya menjadi Yonge Street pada tahun 1990-an. The Pan-American highway links the mainland nations of the Americas and is an amazing 48,000 kilometers (29,800 miles) long. Jalan Pan-Amerika ini adalah jalan utama di Amerika dengan 48.000 kilometer (29.800 mil). Menghubungkan 15 negara sekaligus !! termasuk negara besar seperti : Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Peru, Argentina, dan El Salvador. Kalau yang kecil-kecil, ente lihat sendiri yaa…di google earth….

7. Parlemen Street – England

450Px-Parliament Street, Exeter

Jalan Paling Sempit di Dunia

Parliament Street berada di Exeter, Inggris. Inilah jalan paling sempit di dunia, berukuran kurang dari 0.64m (25 “). It was originally called Small Street (for reasons that are obvious) but was renamed when parliament passed an act of law that expanded the representation of the people in the house of commons. Ia awalnya bernama Jalan Kecil (small street), tetapi kemudian ditukar menjadi nama parlemen ketika parlemen disana menyetujui dilegalkan nama jalan ini secara hukum. Jalan yang dibangun tahun 1300–an panjangnya 50. Kalau jalan lorong disudut lorong rumah anda gimana?

6. Road To GizaMesir

gambar 4-12

Jalan Aspal Tertua di Dunia

The Road to Giza adalah jalan berasapal tertua di dunia. Jalan yang dibangun 4600 tahun lalu ini memiliki 6,5” lebarnya. Berjarak 7,5 mil – menghubungkan ke quarries Southwest dari Kairo, ke dermaga di Danau Moeris yang terhubung ke Sungai Nil. Jalan yang digunakan untuk transportasi yang besar dengan komponen aspalnya adalah blok basal ke Giza. Biasanya komponen ini digunakan untuk bangunan (khususnya untuk paving) pada masa itu.

5. 9 de Julio AvenueArgentina

gambar 3-17

Jalan Terlebar di Dunia

9 de Julio Avenue (berarti 9 Juli Avenue – bangsa Argentina menamakan sesuai hari kemerdekaannya). Dia memiliki enam Lanes (ruas jalan) di setiap arah dan spans diseluruh blok kota. There is a single building that sits on the Avenue (the former Ministry of Communications building) but there are many famous landmarks along the side – such as the old French Embassy, a statue of Don Quixote, and the famous obelisk (visible in the picture above) and Plaza de la República. Terdapat satu bangunan di ruas jalan ini, ada kantor Menteri Konstruksi dan Komunikasi Argentina) tetapi ada banyak bangunan dan landmark terkenal di samping kiri kanannya maupu ditengah ruas seperti : Kedubes Perancis, patung Don, dan yang terkenal  (terlihat dalam gambar di atas) adalah obelisk, serta Plaza de la República.

4. Lombard StreetAmerika Serikat

448px-sanfran 61 bg 032605

Jalan Paling Berliku di Dunia

Lombard Street San Francisco terkenal sebagai Jalan dengan dengan sebutan si rambut aneh – pin memutar. Ada 8 putaran kelok, (disebut switchbacks) dan jalan yang dikenal sebagai “jalan paling berliku di dunia”. Yang ternyata telah ditambahkan areanya, karena jalan sebelumnya terlalu tajam untuk sebagian besar kendaraan (walaupun ia masih kurang tajam dibandingkan dengan jalan di item 1). Kalau yang lagi stress, jangan deh, lewat jalan ini….. Ntar tambah stres….

3. The Magic Roundabout –England

msn magic roundabout 470x350

Jalan dengan Bundaran Terburuk di Dunia

Siapapun yang biasa akses Google Earth atau satelit map di Internet, pasti Magic Roundabout ini seringmuncul dalam hampir setiap “gambar/video lucu”. Bundaran ini adalah bundaran di Swindon, Inggris. Dibangun pada tahun 1972 dan terdiri dari 5 roundabouts kecil lainnya. Untuk membuat hal-hal yang lebih buruk, Anda harus melakukan perjalanan, anti-clockwise (kebalikan dari yang biasa pada situasi roundabouts Inggris), ketika Anda memasuki pusat bundaran kecil ini. Malah, Swindon Junction ketika melakukan responden masyarakat Inggris, hampir sebagian besar mengatakan bahwa jalan dan bundaran ini adalah yang terburuk di Inggris.

2. Savoy CourtEngland

173308297 2db296a79b

Jalan dengan Kendaraan disebelah Kanan

Kebanyakan dari kita pembaca tentu mengetahui, di Inggris atau dimanapun belahan di dunia ini, pasti deh kalau berkendaraan pasti di posisi jalan sebelah kiri (tidak seperti Eropa dan Amerika Serikat). Tetapi ada satu pengecualian untuk ini: Savoy Court adalah satu-satunya jalan mobil di Inggris di mana aturannya harus berkendaraan di sebelah kanan. Mengemudi di sebelah kanan, pengemudi membuka pintu belakang mobil tanpa meninggalkan tempat duduk, mengizinkan penumpang untuk turun di pinggir. Pusiiiiing…kalau jadi penumpangnya

1. Steepest StreetSelandia Baru

Baldwinstreet

Jalan Paling Miring di Dunia

Baldwin Street Dunedin, Selandia Baru menawarkan yang jalan miring. Selandia Baru memang memiliki banyak bangunan di kota-kota atau di sekitar wilayah pegunungan dan perbukitan. Konon, menurut cerita nenek moyang mereka, bahwa jalan ini dirancang oleh  perencana kota Inggris yang tidak pernah ke negara Selandia Baru..(pantessan…). Mereka hanya melihat pola pada peta datar dan tidak memiliki gagasan untuk membuat desain sesuai topografi kemiringannya. Di lereng ini, di jalan Baldwin memiliki nilai kemiringan lereng 35%. Coba keluarin busur dirumah Anda, ukur deh…miring bener bukan? Jalan yang sangat tajam di bagian atas itu (gambar) dibuat dari beton karena jalan yang biasa digunakan dalam dengan bahan permukaan aspal akan meluncur ke bawah jalan pada cuaca panas. Waouww, saking miringnya…aspal aja bisa ngeluncur…kayak ski es aja…ha…ha…ha…

Bingun

Naah…sekarang ente mau pilih yang mana ? Kalau gue sih, mau pilih jalan yang paling pendek aja deh, 2 langkah udah nyampe di rumah…ha…ha…ha… Lumayan, bisa irit BBM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s