GOOGLE meneliti Kejahatan di Dunia Maya

WEB TERNYATA lebih berbahaya dari yang orang pikir, paling tidak ini menurut Google. Raksasa Internet ini melatih software Web crawling-nya pada miliaran alamat web selama kurang lebihsatu tahun untuk mencari halaman-halaman berbahaya yang mencoba menyerang pengguna Internet. Malware-malware yang dijuluki oleh para peneliti keamanan “drive by downloads” ini, telah menjadi momok berbahaya bagi pengguna Internet.

Tahun lalu saja situs ?lm Inconvenient Truth milik mantan Wakil Presiden AS, Al Gore dan situs klub olahraga Miami Dolphins di-hack, serta pro?le MySpace milik Alicia Keys dimanfaatkan untuk menyerang pengunjung MySpace.

Semakin hari para hacker semakin pintar. Mereka sukses membuat tool otomatis yang dapat menginfeksi suatu situs, mencari kesalahan pemograman dan kemudian memanfaatkan celah pada suatu aplikasi untuk menginstal software drive-by download. Sebagai jawaban atas serangan para hacker, Google mulai unjuk gigi. Salah satunya dengan meneliti jutaan situs, jadi Google dapat memperingatkan pengunjungnya sebelum mereka mengunjungi situs yang bersangkutan.

Menurut Google, China merupakan negara nomor satu penghasil situs berbahaya, 67 persen dari keseluruhan distribusi Malware datang dari China. AS menjadi runner-up dengan 15 persen, diikuti oleh Rusia sebanyak 4 persen, Malaysia 2.2 persen, dan Korea sebanyak 2 persen. Para operator situs berbahaya di China dapat dikategorikan menjadi dua: para penipu yang berusaha mencuri data pribadi keuangan dan yang sekadar iseng hanya ingin mencuri karakter World of Warcraft.

One thought on “GOOGLE meneliti Kejahatan di Dunia Maya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s