Mencari yang tidak gratis dengan cara gratis

503e1de058dfe4f7bd86924ba4647264

Mungkin Anda agak kurang paham dengan yang saya maksud. bisa mendapatkan semuanya dengan cara gratis? Dalam dunia internet semuanya mungkin. Dulu saya mencoba menggunakan keyword ‘free download’ untuk mencari apa yang saya inginkan. Tapi tidak sepenuhnya efektif, bahkan tidak berhasil. Mencari wordpress theme premium yang bisa didownload gratis adalah yang memotivasi saya untuk melakukannya. Banyak sekali yang bisa kita cari di internet secara gratis, mulai dari wordpress theme premium, software berbayar, film box movies, mp3/lagu dll dan semuanya itu sangat mungkin sekali Anda download di internet secara gratis (gratis artinya free of charge, nggak pake bayar, nggak pake ribetD). Penasaran?

Ada banyak cara untuk mencari yang gratis di internet. Salah satunya adalah mencari di web yang menyediakan layanan penyimpanan file online secara gratis, seperti rapidshare, indowebstore, ziddu, dll. Anda bisa mencari wordpress theme premium (seperti sayaD) di situs2 tersebut. Sedangkan untuk melakukan pencarian, biasanya saya langsung panggil om Google. Untuk yang menyertakan nama file pada URLnya (seperti rapidshare), Anda bisa mencoba format seperti ini:

  • [keyword] site:rapidshare.com/files
  • [keyword] unurl:rapidshare.com/files
  • [keyword] intext:rapidshare.com/files

contoh: untuk mencari theme premium wpremix, berarti tuliskan wpremix site:rapidshare.com/files pada kolom pencarian google.

Cara kedua adalah mencarinya lewat jalur peer2peer, seperti kazaa, eMule, limewire dll. Beberapa model file yang bisa dicari lewat jalur peer2peer seperti film, ebook, mp3 dll. Jalur peer2peer bekerja dengan cara ada orang yang memberi dan ada orang yang menerima. Dan semuanya menggunakan teknologi masing2, artinya, untuk mencari lewat limewire, berarti Anda harus mendownload limewire dulu, nggak bisa pake eMule ato yang lain. Ini adalah kelemahan peer2peer. Kelemahan lainnya adalah masalah ketersediaan file. Yang menyediakan file umumnya adalah orang biasa dan mungkin sama seperti Anda (sebagai pencari), tidak seperti server pada umumnya yang bisa online 24 jam nonstop selamanya. Jadi jangan heran, klo sewaktu Anda mendownload, tiba2 putus ditengah jalan (mungkin ditinggal tidur sama yang punya fileD).

Cara ketiga adalah mencarinya lewat torrent. Torrent adalah suatu protokol baru yang lebih mengkhususkan sharing file (download) lewat internet. Torrent sendiri sebenarnya hampir sama dengan
peer2peer, hanya saja teknologinya standar. Jadi untuk mencari file, nggak harus menggunakan satu software yang dimonopoli secara tunggal seperti peer2peer, tinggal cari software yang mendukung torrent. Salah satu yang saya sarankan adalah azureus, karena kecepatannya, Anda harus menginstall java untuk menggunakannya. Klo Anda mencari yang portable, silakan pake uTorrent
(baca miu torrent). Tapi klo Anda penggemar opera, opera sejak versi 9 sudah mendukungnya. Saya sarankan memakai yang versi 9.5 ke atas, karena yang versi di bawahnya tidak terlalu bagus untuk torrentnya. Pada torrent sendiri ada istilah peer, artinya orang/komputer yang terhubung ke torrent (baik itu sebagai pencari/download atau pengirim/upload). Peer sendiri dibagi menjadi 2, seed (sebagai pengirim/upload) dan leech (sebagai pencari/download). Hebatnya, pada torrent, semua peer juga berfungsi sebagai server pengirim. Misalkan orang A dan B mencari file X, orang C yang punya file X. Orang A dan B disebut leech, dan orang C disebut seed. Ketika orang A sedang mendownload file X, orang A juga mendownload potongan file X dari file B, begitu juga dengan orang B. Itulah hebatnya teknologi torrent, semakin banyak peernya (seed+leech), semakin cepat proses download. Untuk mendownload lewat torrent, kita harus mencari dulu file torrentnya (.torrent), baru di buka di software torrent (azureus, uTorrent, bittorent, bitcomet, opera9, dll). Beberapa situs yang saya sarankan adalah mininova.org dan torrentportal.com. Jangan lupa lihat info healty(tingkat kesehatannya)nya dulu, semakin banyak seed dan leechnya semakin bagus. Biasanya saya mencari software komersil, film2 box office movie terbaru disini (tapi jangan kaget klo di tengah film ada iklannya yahP, film bajakan gitu lohD). Kelemahan torrent hampir sama dengan peer2peer, jika peernya sedang offline, file yang Anda cari tidak akan bisa didownload.

Bagi Anda pecinta musik, bisa cari mp3 multiply.com (blog khusus multimedia), misshacker.com ato bahkan lewat mIRC. Untuk mencari mp3 di multiply/misshacker via google, bisa gunakan format:

  • [keyword] ext:mp3 site:nama_situs
  • [keyword] ext:mp3 inurl:nama_situs

contoh: untuk mencari lagu linkin park, maka tuliskan linkin park ext:mp3 site:multiply.com. Sayangnya Anda harus terdaftar untuk mendownload dimultiply. Bagi Anda yang hobi chatting, Anda bisa mencari mp3 via mIRC.

**************

http://www.iroel.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s