BARACK OBAMA – The Child From Menteng

 YES WE CAN – WILL I AM

Langkah Barack Obama sebagai calon presiden merupakan salah satu kenaikan jenjang karier tercepat dan tak terduga dalam sejarah politik Amerika Serikat. Obama berhasil mendobrak tradisi dengan berhasil menjadi presiden berkulit hitam pertama di negara yang selama 230 tahun menjadikan kulit hitam sebagai budak dan sempat melahirkan perlawanan.

Pria lulusan universitas Colombia dan Harvard ini adalah senator keturunan afrika ke-5 dan satu-satunya senator keturunan afrika yang menjadi presiden di negara adikuasa ini. Nama Barack Obama melejit di konvensi nasional demokrat 2004 saat menyampaikan pidato utama menghantarkan Jhon Kerry sebagai kandidat Presiden.

Catatan prestasi senator negara bagian Illinouis yang menyerukan persatuan begitu fenomenal. Di tahun yang sama, pria kelahiran Honolulu-Hawaii 47 tahun lalu dari pasangan Barack Hussein Obama, seorang ekonom masalah Kenya dan Stanley Ann ini langsung terpilih menjadi senator Amerika Serikat.

B3

Setahun kemudian majalah Time mencatat nama Barack Obama sebagai 1 orang diantara 100 orang paling berpengaruh di dunia. 1996 adalah awal karier politik Obama setelah terpilih menjadi senator Illinuois dan sejak saat itu Obama gencar memperjuangkan pemotongan pajak penghasilan bagi keluarga-keluarga kelas pekerja. Isyu ini secara konsisten dibawa saat menjadi senator Amerika Serikat.

B1

Obama aktif memperjuangkan hak akses informasi bagi pembayar pajak untuk mengetahui arah larinya pajak yang dibayarkan rakyat. Dalam senat Amerika, Obama duduk di Komite Urusan Veteran. Disana Obama membantu veteran Illinouis untuk memperoleh tunjangan ketidakmampuan fisik sambil mempersiapkan penarikan veteran perang Irak dan Afganistan yang memerlukan perawatan.

Obama juga berjanji untuk menaikkan upah kelas pekerja. Selain itu Obama menawarkan paket pemulihan ekonomi senilai 970 juta US $ untuk membantu pembebasan pajak bagi kelas pengusaha kecil. Bagi para pemilik rumah yang mengalami kesulitan mencicil kredit rumah , Obama menawarkan paket Moratorium selama 90 hari atau 3 bulan terhadap penyitaan rumah di sejumlah Bank.

Tidak mudah bagi Obama untuk mewujudkan janji-janjinya ditengah krisis keuangan yang menyebabkan tingkat pengangguran bertambah dan banyak rakyat yang kehilangan rumah akibat kredit macet. Obama membentuk panitia penjajakan pencalonan presiden pada januari 2007 dan resmi mengumumkan pencalonan dirinya 10 februari 2007 di Hall State Capital Illinouis.

Semula, peluang untuk menjadi nominator presiden di partai demokrat tampak amat kecil. Namun secara perlahan, Obama berhasil mencapai dukungan minimum menjadi calon presiden dengan 2.201 delegasi melampaui pesaing utamanya Hillary Clinton dengan 1.896 delegasi.

Obama menang pada debut pemilihan pendahuluan colvus di Ohio pada januari 2008 dan akhirnya menang di 31 negara bagian. Dukungan dari sejumlah politisi demokrat hingga celebrities mulai dari Al Gore, Jhon Adwords hingga Clark Kennedy mengalir untuk Obama. Hidup seorang Obama pun dikenal hingga ke mancanegara, mulai dari benua eropa hingga Asia tak terkecuali Indonesia.

Amerika Serikat dan pencalonan presidennya cukup berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. Kebijakan-kebijakan yang diambil, mulai dari embargo ekonomi, kerjasama multilateral hingga harga minyak dunia dengan kenaikan dolar membawa dampak yang cukup signifikan bagi rakyat.

Pengaruh krisis ekonomi Amerika-Krisis Global Dunia dan Krisis minyak telah menyebabkan rakyat Indonesia harus rela berantre-antre sepanjang jalan dibawah teriknya matahari, hanya untuk mendapatkan seliter minyak tanah.

Indonesia pernah disinggahi Obama pada tahun 1967–1971 saat ibunya menikah lagi dengan Sutoro. Di SD Fransiskus Azisi dan SDN 01 Menteng atau SD Besukih inilah, Bery-begitu nama kecilnya sempat bersekolah.

B2

Sepanjang kampanyenya, Obama menghadapi sejumlah isyu tak sedap antara lain komentar kontroversial pastor gereja Obama, tentang keberadaan Obama sebagai warga kelas bawah, masih awamnya di bidang politik keuangan luar negeri, hingga tudingan tak nasionalis dan mengikuti pendidikan madrasah radikal.

Kini, Obama telah mencapai titik ambisi politik tertingginya menjadi orang nomor satu di negeri Paman Sam. Didampingi istrinya Michele yang dinikahinya tahun 1992 bersama 2 putri mereka Mathya dan Shasha, mereka menapaki awal mula memimpin sang adikuasa.

B4

…jangan pernah meragukan apa yang kita raih….kita dapat menggunakan pengalaman kita, untuk memperbaiki masa depan. Sudah lama kita menunggu, tapi malam ini, melalui pemilu ini, maka perubahan telah datang di Amerika Serikat…” – Obama.

 

4 thoughts on “BARACK OBAMA – The Child From Menteng

  1. saipul berkata:

    saya kira tidak begitu penting sih …. siapa itu Si obama, bagi bangsa indonesia. saat ini bangsa indonesia seperti terlihat terlalu mengagung2 kan, atau memuji2 si obama terlalu berlebihan. Si obama seakan-akan bagi umat manusia ini seperti manusia setengah dewa,(Mesias), yang dapat merubah semua nasib negara2 di dunia ini, dengn kebijakan2 politik AS-nya. itu pertanda bahwa …negara Indonesai bahkan negara2 didunia ini berada dalam jajahan AS. hal itu terbukti bahwa kebijakan pemimpin AS, sangat berpengaruh pada perkembangan negara Kita (bahkan negara didunia). bukankah penjajahan diatas dunia harus di hapuskan, itu tersirat dalam pembukaan UUD ’45. siapapun dia si obama, entah dia pernah tinggal diIndonesia atau apapun dia tidak ada hubungannya dengan kemajuan indonesia.obama adalah obama indonesia adalah indonesia. masih banyak figur/ tokoh2 indonesia yang lebih membela hak2 dan kepentingan bangsa indonesai, dari pada figur si bobama yang selalu dikemas mendramatisir. karena kebijakan AS diyakinin tidak akan merubah kebijakan politik luar negrinya secara signifikan bagi negara lain. bangsa kita diajarakn bukan untuk menjadi bangsa pengemis, yang mana nasib bangsa kita bergantung pada bangsa lain,apalagi peradabannya sangat bertolak belakang dengan peradaban bangsa indonesia. bangsa indonesai adalah bangsa yang mandiri. bangsa yang bisa berdiri sendiri. sudah banyak terbukti bahwa kebijakan2 amerika dan negara2 eropa lainnya sangat merugikan bangsa ini. sehingga sampai detik inipun intervensi2 asingpun masih terus terjadi, dalam beberapa hal di Indonesia ini.

  2. redaksi berkata:

    SELAMAT BARACK HUSSEIN OBAMA!!
    Rangkaian kalimat dengan kata-kata indah bergaya ku tuliskan kepadamu. Taburan ratna mutu belaian cinta ku ucapkan kepadamu, sebagai pernyataan selamatku atas kemenanganmu, presiden amerika ke-44, Barack Obama.

    Suatu pernyataan “selamat” sebenarnya lebih pantas diucapkan dengan mulut disertai jabatan tangan : tapi karena waktu itu aku ketinggalan antri, maka pernyataan itu baru kini dapat kusampaikan melalui blog ini.

    Banyaklah sudah aku mengenal pemimpin Amerika yang ulung; namun rasa kagumku hanya terpancang kepadamu. Bukan karena latar belakang historimu, pernah tinggal di Indonesia atau kau dari golongan minoritas Amerika. Bagiku visi-misi kampanyemu, membayangkan suatu lambaian kasih, mendamaikan dunia. Kau tawarkan new leadership of America, seolah aku terbang di pesawangan.

    Dalam meghadapi masalah terorisme, perdamaian di Timur Tengah, Hambatan ekonomi global, dan serangan-serangan datang lainnya, kau hadapi dengan tenang tanpa meninggalkan adat budaya Amerika, walaupun dalam hati tak sepenuhnya aku percaya kepadamu, sebelum aku menerima apa yang ku harap.

    Pesanku “Berjalan pelihara kaki, berkata pelihara lidah.” inilah harapanku kepadamu.

    Sekali lagi kuucapkan “Selamat buat presiden baru, Barack Hussein Obama”

    “Selamat Bary!!” “Good Luck!!”

    sumber:www.asyiknyaduniakita.blogspot.com

  3. "Eko Santoso" berkata:

    Jika Anda Memilih Obama Menjadi Presiden Amerika, Berarti Anda Mengikuti Apa Yg Diinginkan Oleh Para Kader Republik !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s