Kota HIJAU di Australia

Dalam kaitannya dengan isu “Global Warming”, Australia banyak mendapat penilaian negatif dari dunia, khususnya dari para pencinta lingkungan. Bersama dengan Amerika Serikat, Australia adalah salah satu dari dua negara di dunia yang tidak mau menandatangani protokol Kyoto. Namun walaupun begitu, Australia ingin membuktikan kepada dunia bahwa mereka juga memiliki visi akan masa depan yang “hijau”.

Salah satu upaya Australia untuk mewujudkan visinya adalah dengan cara mengubah sebagian dari kota Sydney menjadi “kota hijau”. Kota hijau ini akan dibangun secara bertahap, dan akan menempati lahan yang cukup luas di dalam kota Sydney. Di dalam area tersebut akan dibangun berbagai infrastruktur ramah lingkungan untuk memenuhi beragam kebutuhan penduduk, termasuk kebutuhan akan tempat usaha, tempat tinggal, dan juga tempat untuk bersosialisasi dan rekreasi.

Kota hijau ini akan menjadi area paling hijau di Australia. Tidak hanya pepohonan dan tanaman saja yang hijau di kota ini, namun listrik, air, dan berbagai macam kebutuhan lain juga akan dikelola secara “hijau”, termasuk dalam urusannya dengan limbah.

Tanaman dan pepohonan tidak hanya akan ditemui di lahan-lahan terbuka saja, namun juga hampir disemua tempat dimana mereka dapat tumbuh, termasuk pada atap-atap bangunan. Listrik juga akan diperoleh dari sumber-sumber yang ramah lingkungan seperti angin, matahari, dan hidrogen.

Sama seperti Dongtan Eco-City milik China, Melalui “kota hijau”-nya ini Australia juga berniat untuk mencapai tingkat polusi 0 (nol), atau tanpa polusi sama sekali.

*****************

sumber : http://advancedstructure.blogspot.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s