Pemilihan Kepala Daerah (8)

Paket Doa Memenangi Pilbup Ende !!

IMG_0004

Mochdar atau paket Doa telah memenangkan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Ende periode 2009-2014. Kepastian itu diperoleh dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Kabupaten Ende periode 2009-2014 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ende, Sabtu (18/10), di aula Gereja Katolik Onekore, Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Pihak yang kalah diharapkan dapat bersikap legowo menerima hasil pilkada ini. Sebaliknya, pihak yang menang tidak terlalu berlebihan dalam merayakan kemenangannya. Sebab masih banyak hal-hal yang harus dilaksanakan oleh pasangan calon terpilih, terutama menyangkut kontrak politik tak tertulis yang telah dibuat dengan masyarakat,” kata Ketua KPU Kabupaten Ende, Fransiskus AR Senda di Ende.

Doa didukung oleh koalisi sembilan partai politik (parpol), yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), PDK, PNBK, PKS, PPP, PBR, PPNUI, Partai Patriot, dan Partai Pelopor. Pasangan itu berhasil memperoleh 55.074 suara atau 41,94 persen dari total 131.320 suara sah.

Di urutan berikutnya secara berurutan adalah pasangan  :

2. Silvester Djuma-Djafar H Achmad (Mawar) memperoleh 22.459 suara (17,10 persen),

3. Petrus Lengo-Paulus Pase (Lengo-Pase ) mendapatkan 14.443 suara (11 persen),

4. Wilhelmus Wolo-Albert M Bhoka (Wolo-Bhoka) yang meraih 12.953 suara (9,86 persen),

5. Siprianus Reda Lio-Titus Matias Tibo (Setia) yang memperoleh 11.588 suara (8,82 persen),

6. Marselinus YW Petu-Stefanus Tany Temu (Petani) meraih 11.435 suara (8,71 persen),

7. Yucundianus Lepa-Nur Aini Rodja (Dian) mendapatkan 3.368 suara (2,56 persen).

IMG_0003

Mabes Paket Do’a – Jln. A. Yani ( Depan Hotel Ikhlas )

Sejumlah kalangan sebelumnya memperkirakan pilkada Ende itu akan berlangsung dua putaran mengingat banyaknya peserta hingga tujuh pasang calon. Akan tetapi Doa ternyata mampu meraih perolehan suara terbanyak lebih dari 30 persen.

Dari rapat pleno itu juga tercatat partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya relatif tinggi, yakni mencapai 86,16 persen. Pemilih sesuai dengan jumlah dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 157.061 orang. Sementara jumlah suara tidak sah mencapai 4.002 suara, dan pemilih yan g tidak menggunakan hak pilih sebanyak 21.739 orang (13,84 persen).

“Banyaknya suara tidak sah itu menjadi catatan penting sekaligus juga tantangan, supaya untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun depan lebih baik lagi. Perlu dilakukan sosialisasi secara baik agar suara tidak sah itu jumlahnya dapat berkurang secara signifikan,” kata Fransiskus.

*************

Sumber berita : www.kompas.com

Sumber gambar : https://ooyi.wordpress.com

 

One thought on “Pemilihan Kepala Daerah (8)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s