Kabupaten Ngada dan Tenaga Kerja

Pelatihan Ketrampilan Tenaga Kerja di Bajawa

IMG_0103

Malam ini, saya benar-benar ngantuk. Maklumlah, baru pulang dari Bajawa, Kabupaten Ngada. Hmm…beberapa hari disana memang sangat dingin dan melelahkan….

Sudah lama saya dikontak Bapak Kepala Dinas Nakertrans Ngada, Ir. Benediktus Djawa untuk berkenan hadir memenuhi undangan beliau, sekaligus memberikan wejangan untuk peserta pelatihan disana. Namun berhubung keterbatasan waktu di UPTD LLK dalam menyelesaikan beberapa pelatihan di desa yang tersisa, sehingga baru kali ini dapat memenuhi undangannya.

Staff saya di UPTD LLK sudah duluan memenuhi undangan Disnakertrans Ngada, karena beberapa pelajaran yang harus mereka siapkan harus segera diajarkan ke siswa pelatihan disana. Materi-materi a.l.:

1. Las Listrik

2. Menjahit ( Tingkat Dasar )

3. Menjahit ( Tingkat Menengah )

4. Ukir Kayu

5. Bangunan Kayu

 

Home Industri

Sekitar 3 jam, saya coba memberi motivasi kepada mereka tentang pentingnya mempersiapkan “Home Industri” sebagai wacana setelah mereka selesai mendapatkan pelatihan. Ada beberapa tahapan penting dalam membuka sebuah home industri itu. Berikut saya bagikan untuk Anda pembaca :

IMG_0085

 

1. Siapkan Modal dari Kelompok Kecil

Mereka ataupun anda saling mengajak, dengan modal dari uang saku masing-masing untuk membeli bahan/material yang akan menjadi produk yang ingin disiapkan. Kalaupun terbentur modal, gunakan kemampuan yang dimiliki selama pelatihan atau kursus yang pernah Anda ikuti dengan membuka service atau jasa pelayanan saja. Contoh : Beli bahan kain untuk membuat pakaian stellan. Kalau tidak bisa beli bahan, maka coba mulai dahulu untuk terima pesanan/order, dimana pemesan yang menyiapkan sendiri bahannya.

IMG_0097

Meninjau peserta pelatihan di Bengkel Las Listrik

2. Legalisasi

Yang saya maksud adalah, usahakan kelompok Anda terdaftar atau diakui oleh desa/kelurahan setempat. Mintalah surat keterangan Kepala Desa/Lurah setempat untuk memperkuat bargaining posisi usaha Anda sebelum mengurus SITU/SIU yang butuh biaya administrasi besar.

3. UKM

Setelah berkembang, coba tambah karyawan/anggota hingga mencapai syarat minimal sebuah UKM. Daftarkan kelompoknya ke Instansi Koperasi UKM ataupun instansi lain yang memiliki keterkaitan dengan usaha Anda.

IMG_0099

Tampak peserta pelatihan sedang mengelas besi untuk membuat Rak Tidur

4. Proposal dan Mitra

Mulailah belajar untuk menertibkan administrasi, keuangan, SDM yang ada didalam kelompok usaha kecil Anda. Konsultasikan pada orang-rang berkompeten disekitar Anda untuk memperluas jaringan Mitra. Misalnya dengan mulai belajar membuat proposal bisnis.

5. Market

Dari situlah, selain Anda punya pelanggan yang secara rutin memesan produk/jasa layanan Anda. Anda juga bisa meloby stakeholders/instansi-instansi tadi untuk memohon bantuan penambahan peralatan komponen atau bantuan modal lainnya. Mudah bukan?

Bajawa dan Prospeknya

IMG_0091

Berfoto bersama peserta usai pengarahan

Kalau dilihat secara sepintas sih, bahwa bajawa memiliki SDM generasi muda yang cukup banyak. Walaupun SDA masih terbatas dikarenakan luas lahan di kota yang sedikit. Namun, kalau Anda menilik hiterland radius 5 km dari pusat kota, masih sangat luas lahan yang belum tergarap.

Dengan tingkat kesuburan tanahnya yang baik, karena terletak di kawasan pegunungan. Kabupaten Ngada yang beribukota Bajawa ini cukup menjanjikan bagi usaha perkebunan rakyat seperti : Kopi, Vanili, Cengkeh dll yang cocok untuk daerah ketinggian.

Intinya bahwa ketika SDM yang ada ditingkatkan lagi kemampuan ketrampilannya kearah bagaimana memenuhi kebutuhan lahan rakyat yang masih menjanjikan tadi, saya yakin Bajawa akan mendapat kemajuan yang pesat sebagai basis perkebunan skala yang luas dalam 10 tahun kedepan.

IMG_0095

Bersama peserta pelatihan ketrampilan menjahit tingkat dasar

Bajawa dan Generasi

Setelah beberapa hari disana, sedikit banyak informasi tentang dinamisasi masyarakat Bajawa yang sudah saya dapatkan. Semoga anak-anak Bajawa dapat tumbuh dan berkembang mencetak kader-kader berkualitas untuk kemajuan daerahya. Terus bekerja Saudaraku…..

IMG_0104

Anak-anak Bajawa siap menyongsong masa depan membangun Kabupaten Ngada tercinta….

 

 

4 thoughts on “Kabupaten Ngada dan Tenaga Kerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s