PISANG dan NENAS Ajaib ?

Ende, 18 Nopember 2007

Aneh bin ajaib, itulah kesan pertama yang muncul di benak saya ketika bertandang sore itu di Dusun Rate-Kelurahan Tanjung-Kec.Ende Selatan-Kabupaten Ende. Penduduk sekitar, berbondong-bondong datang ke lokasi, hanya untuk menyaksikan dari dekat pemandangan aneh yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Ada yang datang sendirian dan ada yang serombongan bersama keluarga. Ada apa ya ?

Pisang Aneh

Sesisir pisang muda tumbuh tepat diatas batang pohon yang sudah mati. Menurut pemiliknya, dia sudah yakin bahwa pisang itu memang sudah lama ditebang dan dibiarkan begitu saja. “… Lantas, anehnya dimana?” Mari kita lihat bersama sekilas foto berikut ini……

Pisang1

…Coba lihat, massa pisang bisa tumbuh diatas batang yang sudah kering dan mati ?

Sepintas memang aneh, yang lebih aneh lagi pisang tersebut tidak punya pohon induk tetapi langsung memiliki buah ?? peristiwa ini dipertanyakan banyak warga sekitar. Ada apa gerangan dibalik peristiwa heboh ini…..

Nenas Ajaib

Ok….kita pindah ke cerita ke-2. Nah…yang kedua ini heboh beberapa hari kemudian dari kemunculan sahabatnya si pisang. Kelurahan Tanjung diramaikan lagi dengan berita hangat. Kelurahan Tanjung sendiri adalah pemekaran dari kelurahan Pa’upanda yang baru saja diresmikan Bupati Ende.

Nenas1

Ada beberapa anakan nenas baru tumbuh diatas satu batang yang sama….

Kalau diamati seksama, nenas-nenas muda tumbuh dibatang yang sama dan berdempetan. Konon, menurut sang pemilik kebun dan segelintir masyarakat sekitar, bahwa mereka pernah didatangi mimpi seorang “mosalaki” (pemegang hak ulayat adat) setempat dan menyampaikan bahwa masyarakat senantiasa selalu ingat akan keberadaanya.

Pisang, Nenas dan Sampah

Ini baru namanya “aneh bin ajaib”. 3 unsur tadi, sepintas memang tidak dapat dipisahkan sesaat setelah saya mengamati lokasi disekitar tumbuhnya buah-buah aneh tsb. Mengapa tidak? sampah berserakan dimana-mana. Ada yang sudah sempat dibakar dan ada yang masih berceceran. Sejak tahun 1982, sampah sudah ada di Rate. Kampung kecil di lembah Iya tersebut penuh sesak dengan tumpukan sampah.

Bau menyengat amoniak tak dapat dipisahkan dari keseharian kehidupan masyarakat setempat. Bahkan ketika hampir setiap hari truk sampah menuju ke Rate, yang ada dibenak kami adalah : “…Ooooo…itu…SAMPAH RATE…..!!”. Dua kata yang akhirnya menyatu menjadi sebuah sebutan umum masyarakat…..Ironis…..

 

 

Sampahmu adalah sampah kita semua....

“ Sampah-mu…adalah sampah KITA semua !!!”

Ok…sekarang, mari kita lakukan hipotesa kecil. Sebelum mengandai-andai terhadap peristiwa diatas dengan segala sesuatu yang bersifat “mistik” , mari kita simak cerita bersambung saya seputar sampah di Indonesia umumnya dan Kampung Rate khususnya……

 

4 thoughts on “PISANG dan NENAS Ajaib ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s