DE ONDERNEMINGEN DJENGKOL

Trims

AYAM MATI DI LUMBUNG PADI & SEMUT MATI DI TOPLES GULA

Sebuah tulisan panjang seorang sahabat yang mengeluh tentang Indonesia-nya yang subur, namun “import” beras. “Aneh bin ajaib bukan, kalau kita hidup di negeri yang subur begini, harus berantakan hidup karena BERAS?” Beras, susah di cari pasar. kalau ada harganya mahal. Lalu kita mau makan apa?

“…..Memaknai hal tersebut, saya jadi binggung sekaligus merasa bodoh. Kenapa Bangsa ini selalu mengaku sebagai bangsa yang besar, bangsa yang kaya, bangsa yang makmur, bangsa yang Gemah Ripah Loh Jinawi, tapi ngurus produksi Beras ndak becus. Memanajeni Gula, ndak bisa…..”.

Tentang Beliau

Aku di besarkan di lingkungan “Perkebunan Tebu/Pabrik Gula” di Kediri Jawa Timur. Dua generasi sebelumku memang “Pekerja Pabrik Gula”. Kayaknya sih….turunan Mas Ganang ini termasuk…….…….. Sebegitu kentalnya warna PERGULAAN yang melekat padanya, tidak membuatnya ingin meneruskan langkahnya untuk bekerja di lingkungan Pabrik Gula. Mas yang satu ini justru hengkang dari Kediri ke Bandung, memilih untuk bekerja di bidang lain….hingga akhirnya memilih Bandung, dan bekerja di Media.

Tulisan-tulisannya

Memang banyak tulisannya yang mengkritisi tentang Beras, Gula dan Jengkol. Cukup kritis dan variatif dengan warna metafora hewan peliharaan yang sering mengkonsumsi makanan tadi. Seperti ayam, semut dan bekicot. Selain itu….sampeyan ini sering meretoris tulisan-tulisan tokoh nasional Utopia atau Realistis?…..dan membandingkan jengkol dulu dan sekarang.

Harapan

“……Sebagai orang yang dibesarkan di lingkungan Perkebunan/ pabrik Gula, saya hanya bisa berharap, kelak semuanya akan berakhir dengan kembali Indonesia Swasembada Pangan…..”

Selamat….mas ganang…semoga cita-citamu tercapai sesuai harapan the founding fathers Bangsa Indonesia. Ohh…yaa….tidak perlu “import” ROKOK Surya 12. Bisa-bisa kita yang perokok nggak bisa mikir lagi untuk kerja……

*******************************************************

blog sampeyan

email sampeyan

Ooyi award's

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s