POLA PERKAMPUNGAN ENDE LIO

Pola perkampungan dan bentuk rumah adat tradisional bagi masyarakat Ende-Lio dibangun selalu berkaitan dengan konsep hubungan kekerabatan (Gemen scap), antisipasi terhadap alam lingkungannya dan hubungannya dengan pencipta alam semesta yang dipercayanya. Hal ini dapat dilihat dari acara ritual yang dilakukan di saat membangun rumah adat dan perkampungan tradisional yang masih ada dan berlaku di masyarakat adat termasuk acara seremonial lainnya hingga sekarang.

Mole

Hubungan kekerabatan terlihat pada perkampungannya.

Contoh Perkampungan Adat Mole

Dalam pembangunan rumah adat dan perkampungan tradisional, pola pemukimannya ditata mengikuti prinsip LINTAS ORBIT TATA SURYA. Setiap kampung adat tradisional memiliki kedudukan dan peran masing-masing, khususnya terhadap tempat dan kedudukan dengan kampung asal. Sedangkan bentuk rumahnya mengikuti budaya perahu.

POla Tata Surya

Lihatlah Bentuk dan Pola Perkampungan Ende Lio

Berdasarkan struktur dan pola perkampungan tradisional Ende-Lio memiliki tiga kategori yaitu; Kampung asal (Nua Pu’u); kampung ranting (Kuwu Ria) atau gubuk besar, kampung kecil (kopo kasa) yaitu tempat kediaman di luar kampung asal dengan jumlah penghuni yang kurang. Kuwu ria dan Kopo Kasa wajib mengakui wewenang Religi dan magis/ Ritual pada Nua Pu’u dan wajib melaksanakan perintah yang berasal dari penguasa adat/ Mosalaki di kampung asal (Nua Pu’u). Salah satu pola perkampungan adat yang masih terlihat utuh dapat dilihat di desa Wologai, Kec. Detusoko dimana nampak jelas pola perkampungan dan tata letak bangunan didalamnya.

Wologai

 

 

Sebagai bagian yang tidak terpisahkan keberadaannya dalam kampung tradisional, di dalamnya dibangun berbagai bangunan sesuai kedudukan dan fungsinya. Komponen Pendukung Bangunan-bangunan inilah yang terdiri dari Tubu, Musu, Kangga, Keda, Kuburan dan berbagai aksesoris untuk melengkapi sebuah seremonial kehidupan adat Masyarakat tradisional Ende Lio. 

Baru51

Bangunan Rumah Adat dan Komponennya

Tubu, Kangga, Keda, Kuburan ( SOKORIA – NDONA )

 

…………………………………………………………….

Sumber : Buku Wisata  Dinas Pariwisata Kab. Ende

2 thoughts on “POLA PERKAMPUNGAN ENDE LIO

  1. mirdan umbu berkata:

    perbanyak foto rumah adatnya dari 4 tampak,struktur ata,ma komponen2/atau bagian bangunan bangunan yang lainnya….

  2. Ruslanamts berkata:

    Tlg Explore situs pningln/jjk sjrh spjg pesisir slatn ende dr bgn brt ke tmr sy ykn ada jjk exsotis yg blm di explore & itu jg ert terkt dgn sjrh msk nya ajarn islam ke ende

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s