Sebelum Membuat Homepage….

Anda Harus Bisa Menjawab Ini !!

Setelah sekian lama melanglang buana di internet dan kenyang menelusuri berbagai macam situs yang ada, mungkin sekarang Anda mulai berpikir untuk membuat dan memiliki homepage sendiri. Dari sekian banyak waktu yang akan Anda habiskan untuk membuat homepage, 80% diantaranya adalah untuk persiapan dan hanya 20%-nya saja yang akan Anda gunakan untuk pekerjaan yang sesungguhnya.

Itulah sebabnya mengapa bagian ini menjadi sangat penting dalam merancang sebuah homepage. Berikut adalah beberapa pertanyaan penting yang harus Anda jawab sebelum merancang sebuah homepage, jawaban yang dapat Anda berikan akan menentukan sukses dan tidaknya homepage Anda!

Mengapa Anda Ingin Membuat Homepage?

Hanya sekedar ingin memiliki homepage? Atau untuk menawarkan dan menjual sesuatu? Anda harus dapat menjawabnya dengan jelas. Jika Anda sendiri tidak tahu mengapa dan tentang apa isi homepage Anda sendiri, maka pengunjung homepage Anda tidak akan tinggal lama dan mungkin tidak akan pernah kembali lagi selamanya!

Siapa Yang Anda Harapkan Tertarik Dengan Homepage Anda?

Apakah Anda ingin memiliki homepage untuk kalangan usia tertentu? Atau untuk semua usia? Apakah Anda ingin memiliki homepage untuk kalangan dengan interest tertentu, seks dan gambar-gambar suuurr misalnya? Atau untuk semua orang? Yang jelas, sebuah homepage dengan daya tarik untuk orang banyak akan mendapatkan lalulintas pengunjung yang padat.

Tipe Homepage Yang Bagaimana Yang Anda Inginkan?

Anda ingin memiliki homepage komersial? Atau homepage personal? Atau kedua-duanya? Homepage komersial adalah homepage yang berisi informasi iklan, penawaran suatu produk, jasa atau servis seperti e-commerce dll. Sementara homepage personal adalah homepage yang berisi informasi-informasi pribadi, materi-materi hobby atau hanya sekedar link-link ke lokasi-lokasi menarik ditempat lain. Banyak ISP yang membuat homepage dengan penawaran ganda. Mereka menarik bayaran untuk halaman-halaman komersial dan dilain pihak memberikan pelayanan gratis untuk halaman-halaman pribadi.

Mengenai Apa Isi Homepage Anda?

Jika Anda akan membuat homepage komersial, apakah Anda ingin mengisinya dengan beberapa produk sekaligus atau satu produk spesifik saja? Jika Anda ingin mengiklankan suatu produk atau jasa, Anda dapat mengisi homepage Anda hanya dengan satu produk atau jasa yang Anda berikan saja. Dengan cara ini, konsumen Anda akan mendapatkan informasi yang diinginkan selengkapnya secara langsung. Dilain pihak, jika Anda membuat homepage pribadi, homepage Anda dapat berisi beberapa interest sekaligus, misalnya hobby, aktivitas, keluarga, sejarah, fotografi, puisi, cerita, hasil-hasil kreatifitas Anda atau hal-hal positif lainnya.

Seperti Apa Tampilan Homepage Yang Anda Inginkan?

Ketika berselancar mengunjungi situs-situs web di internet, Anda mungkin pernah mampir disebuah situs web dan terpesona dengan tampilannya. Lalu dalam hati Anda berkata, “Saya ingin tampilan homepage saya seperti itu!” Cara terbaik untuk memulai membuat homepage dengan tampilan yang Anda inginkan adalah dengan menyimpan halaman situs web tersebut dan mempelajari isi serta struktur kode sumbernya. Tetapi perlu diingat bahwa Anda tidak boleh secara langsung menggunakan lay-out atau isi halaman tersebut karena pada umumnya situs web tersebut sudah dipatenkan dan memiliki hak cipta. Lebih dari itu, cara ini hanya akan membuat Anda menjadi seorang WebDuplicater, bukan WebDesainer, apalagi WebMaster!

Dimana Anda Ingin Memasang Homepage Anda?

Setelah rancangan homepage Anda selesai, Anda memerlukan sebuah server untuk menyimpan halaman-halaman homepage Anda. Server ini harus aktif dan terkoneksi dengan jaringan internet selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu agar halaman-halaman homepage Anda dapat dilihat oleh semua orang dari seluruh dunia kapanpun mereka inginkan. Anda dapat saja menitipkan file-file Anda ke sebuah ISP dengan membayar biaya sewa spasi yang berkisar antara 15 s/d 100 US$ sebulan. Akan tetapi itu sama sekali tidak menarik karena yang menjadi incaran kita adalah server-server gratis! Pada saat ini ada ribuan provider server gratis yang bisa Anda manfaatkan. Tergantung dari isi situs Anda, mereka memberikan layanan dari berbagai kategori web (personal, bisnis, hobby, sex/adult, e-commerce dll.) dengan ukuran spasi berbeda-beda (200 K, 100 MB sampai tak terhingga).

30 thoughts on “Sebelum Membuat Homepage….

  1. Iko berkata:

    Homepage dgn blog sama tidak yaaa???

    Makasih yaaa utk komentarnya,.. Ibu kita luar biasa.
    Kasihnya
    tak terhingga
    dikekang masa

    Pamrih
    yang tak pernah
    terbeli

    ……………………………………….

    Salam buat Ibu PUTRI, semoga sehat selalu.

    Dan salam kenal, maaf baru berkunjung…

  2. Riza berkata:

    mas, aku minta ajarin yang lebih detail lagi tentang cara2 pembuatannya ya….
    soale aku masih awam banget tntang beginian, tapi aku jg pengen bisa.
    tolong kirim k email-ku ya.
    trims

  3. dewayani berkata:

    Pertanyaan yang sama, homepage sama dengan Blog? Saya punya situs (www.cuciberih.multiply.com). isinya mengenai cuci kiloan, juala2 juga hal2 pribadi. Dengan senang hati kalo bisa nyempetin mampir n kasih masukan.
    Tx

  4. Legina Amanda berkata:

    Aku masih 3 SMP. Tiba2 terbesit ingin punya website atau blog sendiri. Mungkin karena aku jadi kepercayaan guru TIK ku ketka di Lab Komputer. Dan aku juga lebih banyak mengerti tentang WEB daripada semua teman selevel denganku. Ketka kupelajari web, ternyata enak ya? dan aku ketagihan deh bikin web. Aku beljar pakai laptop ayahku. Thanks.

  5. nia berkata:

    di mana caranya aku ingin membuat homepages sendiri aku ingin mengajak orang2 agar mereka mau mampir aku tolong ya cara2 yang mudah , praktis, gratis dan mudah di mengerti

    by : nia

  6. herlan berkata:

    malaikummmm…
    mas yang baik,, akunya masih bingung dengan yang namanya rancangan homepage!!!! maksudnya,, aplikasi apa yang mesti kita pakai dalam merancang homepage!!!
    terus kalaupun aku dah bisa selesai`in rancangan homepage,, gimana caranya aku dapaetin server gratis…
    makasih sebelumnya,, semoga tuhan mmebalasnya dengan berlipat ganda!!!

  7. daya berkata:

    saya adalah mahasiswa yang sedang belajar menbuka warung bakso ,mungkin dengan web ini saya lebih bisa mengenalkan warung bakso saya .meningkatkan promosi .dan supaya masyarakat cepat mengenal warung bakso saya

  8. oerang bale berkata:

    pagi bos…ane jg pengen bisa nih ky nt..web & blog sama ga? jwb ke email ane ya..thanks bwt nt..maju terus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s