Bagaimana cara menggunakan Widgets

Diterjemahkan dari sumber :


Tentang Widgets
Karib..karib…Widgets atau sering disebut juga Sidebar Widgets dapat memudahkan anda untuk berpindah;menggerakkan berbagai hal di sekeliling, keluar masuk dari dan ke form sidebar anda.

Widget adalah sesuatu/komponen fungsi yang anda mungkin inginkan berada pada sidebar anda, seperti category list atau recent comments terbaru atau hubungan mata rantai ke halaman admin anda. Dan bahkan ada Widget yang memberi keleluasaan untuk mengetik apapun juga yang anda inginkan di kolom sidebar, seperti kode HTML atau Kode Javascript.

Bagaimana cara meng-install-nya?
Pertama anda harus menaruh file-nya pada tempat yang sesuai dengan penempatan folder direktory. Saya rekomendasikan agar meletakkan semua file kode php script pada wp-content/plugins/widgets dan menempatkan plugins widget-widget baru pada folder diatas kecuali jika ada aturan penempatan lain yang harus merubah standar directory diatas. Icon RSS ( rss.png) harus ditempatkan pada directory wp-includes/images sedangkan file Scriptaculous ditempatkan kedalam directory wp-includes/js/scriptaculous.
Susunan Bagan-nya sbb :
– wp-content
– plugins
– widgets
| delicious.php
| gsearch.php
| rss.png
| widgets.php
– scriptaculous
| builder.js
| controls.js
| dragdrop.js
| effects.js
| MIT-LICENSE
| prototype.js
| scriptaculous.js
| slider.js
| unittest.js
– themes
– classic
| functions.php ( opsional/menyesuaikan )
| sidebar.php ( opsional/menyesuaikan )
– default
| functions.php ( opsional/menyesuaikan )
| sidebar.php ( opsional/menyesuaikan )

>Dalam persoalan optional, directory scriptaculous juga dapat berfungsi bilamana anda menempatkannya di dalam directory wp-includes. Tidak lupa juga akan berfungsi icon RSS bilamana anda menyimpan didalam wp-includes/images. Sangat fleksibel kan ??

Dalam melakukan install file plugin saja tidaklah cukup. Anda harus memilih themes/tema yang mendukung sidebar widgets. Untuk membantu anda; maka sudah disediakan file themes/tema yang diperbaharui/upadated (default theme) untuk WordPress 2.0 ( Kubrick) dan classic theme. Ada banyak themes/tema yang bersandar pada file-file script classic, mungkin suatu gagasan baik untuk menginstal classic file yang baru tanpa memodifikasi themes/tema kepunyaan anda.

Jangan lupa untuk mengaktifkan plugin itu!

Ok…sudah terinstall dan diaktifkan. Selanjutnya bagaimana cara saya menggunakannya?

>Umpamakan anda memilih Kubrick sebagai themes/tema, anda sekarang harus melihat item “ Sidebar Widgets” pada Menu Presentation. Layar akan ditampilkan dengan 2 kolom : Pallete dan Sidebar. Pallet menampilkan semua Widget yang tersedia dan kolom lain menampilkan sidebar Tinggal drag mouse ke kolom sidebar. Sesuaikan drag mouse sesuai selera anda untuk menghasilkan kombinasi yang tepat yang sekiarnya tepat buat anda dan pengunjung anda.

Jika anda temukan bahwa widgets tidak dapat di drag mouse-kan, ada 2 kemungkinan sebab : 1. Penempatan File scriptaculous yang sudah diinstal tadi salah, 2. atau web browser anda tidak menjalankan script-nya.

Sebagian dari widgets akan mempunyai icon pada sisi kanan dari widget yang sudah didrag mouse-kan. Klik/doble klik icon itu untuk membuka itu widget’s pilihan. Klik tombol X atau area di luar pilihan itu agar kembali ke halaman widget sebelumnya. Pilihanmu tidak akan tersimpan (save) bila anda tidak meng-klik “ save changes” diatas halaman utama, maka jangan lupa untuk selalu “save changes” bilamana dilakukan setiap perubahan.

Dua di antara Widget-widget yang dimasukkan, Teks dan RSS, dapat di gandakan /replicated beberapa kali. Di bawah Pallet anda akan temukan format untuk merubah banyaknya jumlah yang anda inginkan sesuai Teks dan RSS widgets yang tersedia. Masukkan nomor, jumlah widgets ekstra untuk ditampilkan. Widgets dapat dipindahkan dari tampulan kolom penghubung visual; tempat indeks widgets disimpan.

Bagaimana jika saya tidak menyenangi Kubrick?

Silahkan….no problem….Andalah yang menentukan, we’ll silahkan baca petunjuknya di tutorial on fixing up other themes

Selamat ber-plug-in ria ! Blogging is way more fun now !

2 thoughts on “Bagaimana cara menggunakan Widgets

  1. Irfani berkata:

    saya masih sedikit bingung bagaimanacaranya agar gambar kita dapat di tampilkan pada sidebar (kolom sisi), gimana yah caranya.thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s