WISATA KE PULAU FLORES

Flores

hai ooyi, salam kenal. saya (………) dari (…………). saya berencana ke flores saat ini. saya akan ke maumere, kelimutu, ruteng, dan labuan bajo dalam (…….) hari. minta saran dong, transportasi apa yang paling efisien untuk ke kelimutu dari maumere? jika saya ingin mengunjungi Wolowaru, bisa naik bemo atau bus? makasih yaa..

Makasih atas pertanyaan salah satu Pembaca (Mohon maaf tanpa nama untuk menjaga privasi pembaca). Ia bertanya seputar JALUR LINTASAN untuk berdarma wisata sepanjang Flores. Baiklah..menarik untuk diinformasikan bagi yang mau berkunjung ke Flores.

Perjalanan kita kali ini cukup panjang. Karena harus melintasi  sekaligus 1 (satu) daratan pulau flores. Pengalaman yang cukup berkesan nantinya, karena akan menikmati beragam panorama alam baik itu gunung, danau maupun pantainya.

Ok…Pertama menyangkut jalur lintasan.

1.       JALUR – 1

Pantai maukaro

Tiba di Maumere (Bandara Frans Seda) – Wolowaru – Kelimutu – Ende – Ruteng – Labuan Bajo. Bisa dipakai/sewa travel mobil kijang 2 kali (sekali pakai sampai Ende dan sekali pakai lagi dari Ende ke Labuan Bajo). Kenapa saya sarankan pakai travel saja, walaupun mahal tetapi lebih praktis. Daripada pakai Bis, karena harus menunggu penumpang lainnya di Terminal yang notabene akan lama.

Ok..setelah tiba di maumere langsung ke wolowaru (87 km). Makan di Wolowaru kemudian langsung menuju ke Danau Kelimutu (wolowaru-kelimutu=20 km). Dari kelimutu ke Ende (60 km).

Danau-tiga-warna...

Danau Kelimutu (Kabupaten Ende)

Tiba di Ende istrahat dan menginap. Saya sarankan menginap di Ende, karena titiknya berada di tengah beberapa kabupaten tadi serta iklim udaranya normal dan ditengah beberapa kabupaten tadi. Untuk info penginapan di Ende, silahkan baca tulisan saya di http://ooyi.wordpress.com/2010/03/08/selamat-datang-di-kota-ende/

Selain nginap dan jalan-jalan menikmati kota Ende dan situs sejarahnya (http://ooyi.wordpress.com/2011/12/11/bung-karno-menatap-ende/).

 Ok…Trus berangkat menuju ke Ruteng (Ende – Ruteng = ±268 km). Dari ruteng lanjut ke Labuan Bajo (±60 km).  Saya sarankan, lewat ke Riung dulu di Kabupaten Nagakeo. Karena ada pantai yang sangat indah. Beberapa stasiun TV sering ambil gambar acara adventure-nya disana.

Kalau tidak mampir, bisa langsung ke Ruteng. Daerahnya cukup dingin. Dari sana menuju ke Labuan Bajo. Disana silahkan menuju ke Pulau Komodo.  (http://ooyi.net/komodo-perjuangan-menuju-masa-depan-dunia/)

 2.    JALUR – 2

Flores_osborne

Tiba di Ende (Bandara Hasan Aroeboesman). Nginap di Ende. Trus menuju ke Kelimutu (Ende-Kelimutu = 60 km). Turun dari Danau Kelimutu ke Wolowaru (15 km). Makan disana dan lanjut ke Maumere (Wolowaru-maumere = 87 km). Coba pakai Travel saja, biar cepat. Ada banyak di Bandara di Ende

Dari Maumere, kembali ke Ende. Istrahat. Lanjut ke Ruteng seperti jalur 1 diatas. Demikian beberapa Info saya. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati perjalanannya.

Komodo

Salam

Bang Ooyi

http://ooyi.net

http://www.facebook.com/rodja

 

7 thoughts on “WISATA KE PULAU FLORES”

  1. selamat malam
    saya akan ke maumere minggu depan, selama 1 bulan
    mau tanya operator telepon yang ada disana, apakah XL dan AXIS ada ?
    terima kasih

  2. bang ooyi. bulan depan saya ada tugas di kupang selama satu bulan. nah..rencananya saya akan berencana pulang dari kupang bersepeda hingga kampung halaman saya di sidoarjo (jawa timur). dalam perjalanan saya berniat melintasi kepulauan alor-flores-rinca-sumba-lombok-bali-jawa timur. perjalanan akan saya lakukan seorang diri. saya mohon bimbingan untuk rute di sekitar wilayah pulau flores.
    bolehkan saya berkrnan meminta no. hp anda untuk berkomunikasi lebih lanjut. anda dapat menghubungi saya di 085648262065 atau sikumannakal@yahoo.com atau mengunjungi blog saya di sikumannakal.wordpress.com
    terima kasih

  3. halo :)

    saya rencana akan ke Flores dari 22 – 31 des akhir tahun ini. ada beberapa tempat yg mau saya kunjungi. tapi mengingat ini baru pertama kali kesana, jadi butuh banyak informasi.
    yg jelas tujuan utama adalah Kelimutu dan Pulau Rinca/ Kanawa. Menuju Kelimutu itu nampaknya akan melewati banyak tempat ya jika dimulai dari Labuan Bajo.
    Bisa bantu info ngga kalau dari L.Bajo menuju Kelimutu itu saya bisa mampir kemana saja dan bagaimana dengan trasnportnya?

    terimakasih :)

  4. Letting wine breathe is allowing additional air to enter into
    the cork’s center, and then you can have choices as to what type of rack you want. Wine bottles have to spend on their annual holiday. Pandora allows users to effortlessly football games Friday: ‘We require aid from justificative tackles.
    Depending on your computing device by merely using the engineering to render a basic
    shape and vividness accuracy.

  5. salam,

    mau tanya soal harga sewa kijang selama 1 hari itu berapa? include supir dan bensin? apakah spanjang Ende – Labuan bajo mudah cari SPBU?
    tks

Tinggalkan Balasan

