Pembangunan Pesanggrahan Makam & Konservasi Lingkungan Perbukitan

Header1

SEKAPUR SIRIH

Assalamu ‘alaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua……..

Sebagai kata pembuka, patutlah kita memanjatkan Puji Syukur Tuhan Yang Maha Kuasa, atas perkenaannya sehingga dapat bertemu kembali dalam keadaan sehat wal’afiat. Amin…

Baba Ine, Ari Ka’e, Eja Kera, Weta Ane yang kami cintai

Pada hari Jum’at, 20 Februari 2009, dengan dihadiri sebagian kecil generasi Embu PEDJA RODJA, telah mengadakan rapat adat yang menghasilkan kesepakatan untuk melaksanakan pelestarian kembali Makam Embu PEDJA RODJA dengan agenda utama memperbaiki Makam (Ture Wazo Rate) Embu PEDJA RODJA.

Sessi acara awal ini dilanjutkan dengan ritual Sumpah Adat, Peletakan Batu Pertama dan Pemberian Makan pada Leluhur (Pati Kaa Seti Utta) pada lokasi Makam, sebagai ucapan terimakasih dan penghormatan terhadap jasa-jasa Leluhur yang telah menjaga dan merawat keberlangsungan kesejahteraan generasi hingga saat ini.

Baba Ine, Ari Ka’e, Eja Kera, Weta Ane yang kami cintai

Menilik kembali jejak perjalanan sejarah dan eksistensi  Embu PEDJA RODJA, kini kiranya kita perlu menengok sosok sesepuh sekaligus penghulu sejarah yang merupakan cikal bakal keberadaan Embu PEDJA RODJA ini tanah Rodja di wilayah Kabupaten Ende maupun dimanapun sejarah Rodja berada.

Memang tidak salah kiranya, bahwa atas inisiatif generasi sekarang untuk memulai melestarikan kembali asset sejarah nenek moyangnya dengan dibangunnya sarana dan prasarana fisik makam, dapat membangkitkan cita rasa dan kebanggaan bahwa dahulu kala telah ada semangat dan perjuangan dari nenek moyang.

Baba Ine, Ari Ka’e, Eja Kera, Weta Ane yang kami cintai

Inilah mengapa kami hadirkan ide yang kemudian dituangkan dalam konsep dan wacana bersama yang ada dihadapan Baba Ine, Ari Ka’e, Eja Kera, Weta Ane; untuk dijadikan perhatian dan tanggung jawab bersama sebagai upaya mempertahankan asset sejarah ini guna dinikmati nilainya oleh anak cucu generasi kedepan.

Dengan adanya publikasi ini, dimohon pada semua pihak baik dari garis keturunan Embu PEDJA RODJA maupun pihak-pihak lain yang mengakui, mencintai, menyayangi bahkan mengasihinya untuk bergabung bersama kami untuk mewujudkan rencana mulia ini.

Harapan kami, semoga pekerjaan bersama ini dapat menjadi ikatan perekat tali silaturahmi antar seluruh keluarga besar Embu PEDJA RODJA, anak cucu di wilayah Rodja dan semua orang yang mencintainya diluar wilayah Rodja.

“….Mbeja se kita, ana Embu ko’o PEDJA RODJA, ne’e miu riwu woso ne’e ngasu kapa, miu ata wua mesu mere, ne’e jedho zewa ndeka Embu PEDJA RODJA, noto miu mai mbeja, noto miu se’a sawe, kita wii ture wazo rate ko’o Embu PEDJA RODJA.

Ozo pawe miu, kami sodho ndeka NGGA’E, ozo ri’a miu kami nosi ndeka Dewa. NGGA’E tu tozo tei. Dewa ata meno mbe’o. KAI jegga bala……”

LATAR BELAKANG

Sejarah telah berbicara bahwa perjalanan hidup manusia selalu dimulai dengan bagaimana upayanya mempertahankan eksistensi hidup. Sebagai insan Tuhan Yang Maha Esa sekaligus pengelola bumi ini, manusia dituntut pada 2 pilihan penting yaitu : bertahan hidup dengan apa yang ada, atau berkembang mewujudkan harapan hidup kearah yang lebih baik.

Seiring perjalanan waktu, Sang Pencipta memberi keleluasaan kehendak kepada manusia agar terus berkembang dan maju, menciptakan kreatifitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Diberikanlah alam semesta beserta isinya sebagai karunia tak ternilai bagi manusia agar tetap survive menjawab tantangan jaman.

Dimulainya ide untuk melaksanakan pembangunan tersebut. Dengan dilatarbelakangi oleh keinginan generasi untuk mengenang kembali perjalanan seorang insan yang mungkin telah lapuk oleh jaman, tetapi memberikan kontribusi besar bagi perkembangan generasinya.

“Gajah Mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama”. Demikian peribahasa tua bersyair. Embu PEDJA RODJA, itulah namanya. Sosok yang jauh dahulu kala telah menapaki jejak langkahnya, menyusuri tebing demi tebing membangun sebuah komunitas besar peradaban.

Siapakah embu PEDJA RODJA itu?

Walaupun hanya tertinggal cerita, namanya tetap hidup dalam angan-angan dan mimpi bagi anak cucu generasi RODJA, masyarakat penghuni maupun generasi yang tersebar seantero dunia. Anda ataupun kita semua sedikit sekali mengenal sosok ini. Tetapi bagi orang-orang tertentu yang memiliki indra batin, beliau tetap hadir dengan seekor kuda, berjubai selendang tradisional, bersarung hitam (zawo mite) dan tutup kepala (zesu) seakan seperti angin yang terbang yang sesekali datang membawa pesan kebesarannya.

Cobalah bertanya pada orang-orang itu, mereka akan mengatakan bahwa kami pernah bertemu dengannya, melihat kampung adatnya di zeda zamba serta bala tentaranya yang sangat besar.

Lantas, dimanakah embu PEDJA RODJA itu?

Kabupaten Ende, Kecamatan Ende Selatan, Kelurahan Tanjung. 3 km arah selatan di lembah gunung Iya. Disitulah anda akan menyaksikan hamparan tanah sabana yang ditumbuhi aneka tanaman. Disitu pula anda akan takjub melihat betapa besar sosok ini membangun peradaban manusia penghuni dan generasinya dengan penuh cinta kasih.

Dimana keberadaanya ?

Ada dalam sejarah…..itulah jawaban sementara yang kami dengar dan kami teliti. Dalam beberapa buku sejarah dan survey pada lokasi jejak perjalannya dahulu, kami sempat menangkap kutipan peninggalan generasinya :

  1. Di Buku “NUSA NIPA” karya Pater Sareng Orinbao halaman 49-51 :

Nusanipa

  1. Zeda Zamba, terletak di Puncak pegunungan PUI (antara puncak Gunung Iya dan Gunung Meja), yang konon merupakan kampung adat sekaligus benteng pertahanan perang orang Rodja.
  2. Palu’e, terletak di pantai utara Kabupaten Ende, yang merupakan wilayah administratif kabupaten Sikka adalah tempat bermukimnya generasi besar Rodja.

Dan masih banyak bukti-bukti sejarah yang belum bisa ditampilkan sebagai bukti eksistensi Rodja. Dari sinilah, Embu PEDJA RODJA merupakan salah satu pendiri generasi dan pelopor peradaban. Oleh karena itu, peninggalan makam embu PEDJA RODJA, patut dilestarikan guna menjadi asset sejarah generasi, masyarakat adat, bangsa dan negara.

MAKSUD & TUJUAN

Adapun pembangunan ini dimaksudkan untuk :

  1. Pelestarian asset sejarah makam
  2. Objek wisata sejarah
  3. Objek wisata budaya
  4. Objek wisata rohani
  5. Pelestarian Lingkungan perbukitan

Sehingga tujuan yang dapat tercapai adalah :

  1. Memudahkan akses rute pendakian secara langsung ke objek makam.
  2. Terpeliharanya makam secara rutin, dengan berbagai prasarana dan sarana penunjang.
  3. Lestarinya lingkungan perbukitan dari longsoran lereng.
  4. Menjadi salah satu asset masyarakat Kabupaten Ende, dan seluruh masyarakat dimanapun berada yang merupakan generasi anak cucunya maupun pihak-pihak lain yang mengakui, mencintai, menyayangi bahkan mengasihinya.

RENCANA TAPAK & BIAYA

Survey awal telah dimulai dari tahun 2006 dengan melakukan pengamatan lokasi yang tepat berada di wilayah administratif Kelurahan Tanjung-Kecamatan Ende Selatan-Kabupaten Ende. Adapun persiapan ini dilakukan dalam 3 tahap :

  1. Foto Lokasi, dimaksudkan untuk mengambil gambar umum tentang objek makam yang akan dibangun.
  2. Foto Satelit dan GPS, dimaksudkan untuk penggambaran site plan, penentuan koordinat lintang dan bujur maupun altitude lokasi makam terhadap permukaan laut maupun area sekitar.

 

Ukur

Koordinat Satelit

8°52’20,01” LS dan 121°37’56,68” BT

Elevasi/Altitude

69,99 meter diatas permukaan air laut

 

  1. Pengukuran Lahan, dimaksudkan untuk database lokasi secara detail yang kemudian akan dimasukkan dalam rancangan biaya.

Keselurahan area akan dikelilingi dengan penanaman pohon hijau, dimaksudkan untuk pelestarian kawasan perbukitan sekaligus objek wisata alam. (Gambar dan RAB terlampir)

BIAYA

Adapun rencana ini akan menelan biaya : Rp. 150.875.000,00 (Terbilang : Seratus Lima Puluh Juta Delapan Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah). (Gambar dan RAB terlampir)

PENUTUP

Pembangunan ini akan melibatkan seluruh elemen yang peduli dengan pelestarian makam dan lingkungan perbukitan disekitar makam. Oleh karena itu pada kesempatan ini, kami mengajak kepada semua pihak untuk turut serta berpartisipasi sebagai panitia bersama sekaligus menjadi donatur pembangunan ini.

Untuk lebih jelasnya kami akan mengirimkan kepada pembaca, alamat serta nomor kontak yang dapat dihubungi :

  1. SYAFRUDIN PUA SAWA

Kepala Pertamina Depot Bali-Propinsi Bali

HP : 085 220 620 281

Email : dreo@pertamina.com

  1. MOHAMAD CHOIRY RODJA, ST

       Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ende – NTT

HP      : 081 252 007 173

Email : bangooyi@gmail.com

Blog   : http://ooyi.wordpress.com

Atau silahkan menyampaikan donasi ANDA melalui :

Donasi

Atas perhatian dan bantuannya diucapkan limpah terimakasih.

LAMPIRAN-LAMPIRAN

DOKUMENTASI VISUAL RANGKAIAN KEGIATAN

Perbaikan Makam (Ture Wazo Rate)

Embu PEDJA RODJA

Rotation of ture01

Undangan

dihadiri Tokoh Adat Keturunan embu PEDJA RODJA dan Masyarakat Pemerhati

 

Rotation of ture02

Rapat Adat

Kesepakatan dan Persiapan Ritual Pemberian Makan pada Leluhur

(Pati Kaa Seti Utta)

 

Rotation of ture03

Sumpah Adat untuk membuka sesi peletakan Batu Pertama dalam Rangkaian Kegiatan Perbaikan Makam

(Ture Wazo Rate)

 

IMG_0140

Peletakan Batu Pertama

 

PUBLIKASI

Florespos

Florespos1 002

Untuk lebih jelasnya kami akan mengirimkan kepada pembaca, alamat serta nomor kontak yang dapat dihubungi :

  1. SYAFRUDIN PUA SAWA

Kepala Pertamina Depot Bali-Propinsi Bali

HP : 085 220 620 281

Email : dreo@pertamina.com

  1. MOHAMAD CHOIRY RODJA, ST

       Dinas Nakertrans Kabupaten Ende – NTT

HP      : 081 353 728 744

Email : bangooyi@gmail.com

Blog   : http://ooyi.wordpress.com

Atau silahkan menyampaikan donasi ANDA melalui :

Donasi

Atas perhatian dan bantuannya diucapkan limpah terimakasih.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s