Tragedi Adam Air di januari 2007

Sungguh menyayat hati! Saya tak kuasa membayangkan suasana histris dalam pesawat, kalo Pilot dan Copilot saja sehisteris itu, bagaimana dengan penumpangnya?! … Innalillaahi Wainnailaihi Roji’uunnn ..

Adm

Sahabat semua pasti masih ingat khan kalau pada tahun 2007 yang lalu terjadi kecelakaan pesawat yang menhebohkan penerbangan Indonesia. Ya, pada 1 Januari 2007 – Adam Air Penerbangan 574 dari Jakarta – Manado via Surabaya jatuh di sekitar Selat Makassar. Kalau tidak salah tercatat ada 96 penumpang dan 6 awak pesawat tewas.

Butuh waktu berbulan-bulan untuk mengetahui dimana pesawat itu jatuh. Berbagai tim dikerahkan untuk melacak dimana jatuhnya pesawaat naas ini. Penyebab jatuhnya pun baru diungkapkan oleh KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi) pada 25 Maret yang lalu.

Naaah….pertanyaan yang sering didengar publik adalah, bagaimana jatuhnya pesawat ini.

Orang kebanyakan dan media selalu mengaitkan peristiwa sebuah jatuhnya pesawat dengan sebuah “kotak hitam” yang sering dikenal dengan “Black Box” Gimana sih isinya ?

Sekedar untuk diketahui, Blackbox, peralatan kunci yang dijadikan rujukan analisis penyebab kecelakaan pesawat terdiri dari dua bagian :

  1. FDR (Flight Data Recorder), yang merekam kondisi penerbangan: ketinggian, kecepatan dan temperatur.
  2. CVR (Cocpit Voice Recorder), yang merekam pembicaraan pilot dan copilot.

Biasanya, kita tidak pernah mendengar bagaimana isi Blackbox pesawat yang celaka. Namun, entah bagaimana caranya, ternyata rekaman Blackbox pesawat Adam Air 574 itu ternyata bisa didengarkan. Adalah seorang anggota Kaskus.com dengan nickname exc@libur yang kemarin memposting sebuah tautan ke RapidShare yang berisi rekaman pembicaraan di cockpit pesawat yang naas itu. (kutipan dari jalansutera)

Jika ingin mendengarkan rekaman itu, silakan download di pranala RapidShare ini.Nah,.. kalo rekan-rekan kepingin tahu seberapa histeris kondisi saat itu, silakan download file-nya disini. Link ini saya peroleh dari salah satu postingan di Kaskus dan di salah satu blog ini. Silakan buka link tersebut untuk membacanya langsung,

Oh ya … rekaman tersebut sudah di-MP3-kan. Ukuran file 2,3MB. Download dari Rapidshare,..

DOWNLOAD REKAMAN CVR BLACK BOX ADAM AIR

bagaimana rekaman itu sampai muncul di publik ?

Mengapa kali ini rekaman itu bisa “bocor”? Apakah publik memang boleh mendengarkan isi rekaman Blackbox sebuah pesawat yang mengalami kecelakaan? Kaskuser dengan nickname exc@libur lewat link ini,yg kemudian dibantu oleh seseorang (Black Angle) untuk transkripsinya. Black Angel ini ternyata bekerja sebagai ATC (Air Traffic Control) untuk melakukan transkripsi atas rekaman sepanjang 5 menit dan 38 detik itu. Black Angel juga menambahkan penjelasan tentang berbagai jargon dalam dunia penerbangan yang terasa asing bagi orang awam. Berbagai akronim dan singkatan dipaparkan oleh Black Angel di sana.

Kemungkinan besar rekaman itu asli?

berikut kutipan dari sumber : Bagi yang menginginkan kebenaran yg lebih dekat, tentunya rekaman ini harus di croscek dengan FDR (Flight Data Recorder). Secara logik, harus saling memberikan kebenaran yang sejalan. Misal: kalo menurut rekaman suara itu pesawat ’sepertinya’ jatuh menghempas, maka harus ada rekaman ketinggian pesawat yg menurun tajam. Sebaliknya, kalo meledak di udara, pasti rekaman akhir data ketiggiannya pada posisi ketiggian. ( sumber : tulisan )

Note: Untuk Download MP3 version, silakan di sini!

Bagaimana ?

Silahkan menilai dan mendengarkannya sendiri

About these ads

4 thoughts on “Tragedi Adam Air di januari 2007”

  1. inalillahi wainailaihi rojiun
    duh aku takut banget denger rekaman terakhir para pilot dan copilot. moga2 arwahnya diterima disisi Allah swt

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s